1
10

BUMN di Indonesia | Pengertian, Jenis jenis dan Contohnya [Lengkap]

Ketersediaan sumber daya alam di Indonesia amat beragam. Pemerintah Indonesia memiliki visi untuk kemakmuran seluruh rakyatnya. Hal inilah yang melatarbelakangi dibentuknya BUMN.

BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara. Merupakan bentuk usaha yang dimiliki oleh negara dan dikelola oleh kementrian Indonesia.

Tugas BUMN Indonesia adalah memberikan pelayanan publik sesuai bidang masing-masing.


Pengertian BUMN


BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

BUMN bisa didefinisikan sebagai perusahaan nirlaba yang bertujuan memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, baik dalam bentuk barang atau jasa.

Perihal sesuatu yang berkaitan dengan BUMN diatur dalam UU No.19 Tahun 2003. Seluruh entitas BUMN berada di bawah pengawasan dan pengelolaan Kementrian BUMN yang diketuai oleh Menteri BUMN, yang ditunjuk oleh presiden.


Jenis-jenis BUMN


Secara umum ada 3 jenis bentuk BUMN yaitu :

1. Perusahaan Jawatan (PerJan)

BUMN yang keseluruhan modalnya dimiliki oleh pemerintah dan bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat umum. Namun, saat ini format BUMN PerJan sudah sangat jarang diterapkan lagi.

2. Perusahaan Umum (Perum)

BUMN yang modalnya dari APBN pemerintah, namun lebih berfokus untuk menghasilkan keuntungan atau profit.

Dapat diartikan bahwa, selain melakukan pelayanan terhadap masyarakat, perum juga mementingkan keuntungan yang diraih.

3. Perseroan Terbatas (Persero)

BUMN yang sebagian atau seluruh modalnya dari pemerintah yang berbentuk saham-saham dengan tujuan mencari keuntungan. Persero bergerak pada bidang pelayanan publik, namun tidak mendapat fasilitas dari negara.

Dari 3 bentuk BUMN tersebut, saat ini kebanyakan BUMN memang berbentuk perseroan terbatas atau persero. Hanya ada sedikit yang berbentuk perum, bahkan sudah ditemukan lagi yang berbentuk perjan.

Persero negara Indonesia juga bisa go public dengan melepas sahamnya ke bursa efek, sehingga menjadi Persero Tbk.


C0ntoh BUMN di Indonesia


Berikut adalah contoh BUMN di Indonesia dari berbagai sektor yang digelutinya :

1. PT Pertamina

PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu BUMN yang paling terkenal. Dulunya perusahaan ini dikenal dengan nama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara. Tugas Pertamina adalah untuk mengelola penambangan minyak dan gas bumi Indonesia.

2. PT Telekomunikasi Indonesia

Merupakan BUMN Persero yang bergerak di bidang telekomunikasi. Telkom beetugas membangun dan

3. PT Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia yang berstatus BUMN.

Garuda Indonesia menyediakan layanan transportasi penerbangan pesawat baik secara domestik maupun internasional.

Garuda Indonesia dikenal sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia. Wah, kita patut ikut bangga ya, hehe.

4. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

PLN merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang energi listrik. Tugas PLN adalah mengurus ketersediaan energi listrik di seluruh Indonesia, mulai dari pengadaan, perbaikan, dan penanggulangan.

5. PT Kereta Api Indonesia (KAI)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau disingkat PT KAI merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang transportasi.

Tugas utama PT KAI adalah menyelenggarakan jasa angkutan transportasi kereta api secara nasional, baik angkutan barang atau penumpang.

Nah, itulah 5 contoh BUMN yang cukup dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia. Berbagai bidang dan sektor yang dikelola oleh BUMN pastinya sangat berkaitan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Pengelolaan ini mencakup sektor; ekonomi, keuangan, perbankan, jasa, transportasi, konstruksi, layanan telekomunikasi, energi, minyak bumi dan gas, pelabuhan, pesawat, kesehatan, farmasi, dan lainnya.

Suatu negara dikatakan berhasil, jika mampu mensejahterakan seluruh rakyatnya. Jadi adanya BUMN merupakan bentuk swasembada oleh pemerintah Indonesia untuk memajukan Indonesia dalam berbagai sektor dan bidang.

Demikian sedikit uraian tentang BUMN di Indonesia. Semoga bermanfaat. Salam.

Keyword: BUMN di Indonesia

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.