9 Anggota Panitia Sembilan Beserta Profilnya

48
9 Anggota Panitia Sembilan Beserta Profilnya
uniqpost.com

Beranggotakan sembilan orang, pada tanggal 1 Juni 1945 dibentuklah Panitia Sembilan oleh BPUPKI.

Anggota Panitia Sembilan diambil dari suatu Panitia Kecil ketika sidang pertama oleh Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Tugas panitia sembilan adalah untuk menampung saran dan usulan dari berbagai pemikiran para anggota tentang dasar negara Indonesia merdeka.

Dinamai panitia sembilan karena jumlah orang yang bertugas menyusun rumusan dasar negara berdasarkan pemandangan umum anggota berjumlah sembilan orang.


Anggota Panitia Sembilan


Berikut adalah nama-nama anggota panitia sembilan :

Image Source: www.pwmu.co
  1. Soekarno sebagai ketua
  2. Mohammad Hatta sebagai wakil ketua
  3. Achmad Soebarjo sebagai anggota
  4. Mohammad Yamin sebagai anggota
  5. Agus Salim sebagai anggota
  6. Wachid Hasyim sebagai anggota
  7. Abdoel Kahar Moezakir sebagai anggota
  8. Abikoesno Tjokrosoejoso sebagai aggota
  9. Alexander Andries Maramis sebagai anggota

Biografi Panitia Sembilan


Image Source: miqbaln.blogspot.com

1. Soekarno

Soekarno, sebagai ketua panitia sembilan. Lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun. Merupakan presiden pertama Indonesia (1945-1967).

2. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta, sebagai wakil ketua panitia sembilan. Lahir di Fort de Kock (sekarang Bukittinggi, Sumatera Barat) Hindia Belanda pada 12 Agustus 1902 dan meninggal di Jakarta 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun.

Merupakan tokoh pejuang, negarawan, ekonom, dan wakil presiden Indonesia pertama.

3. Achmad Soebarjo Djojoadisoerjo

Achmad Soebarjo Djojoadisoerjo lahir di Karawang, Jawa Barat pada 23 Maret 1896 dan meninggal pada 15 Desember 1978 pada umur 88 tahun.

Merupakan tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, dan seorang pahlawan nasional Indonesia, serta menjadi menteri luar negeri Indonesia yang pertama.

4. Mr. Mohammad Yamin

Mr. Mohammad Yamin, SH. Lahir di Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat pada 21 Agustus 1903 dan meninggal di Jakarta pada 17 Oktober 1962 pada usia 59 tahun.

Merupakan seorang sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, ahli hukum serta merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia.

5. Haji Agus Salim

Haji Agus Salim lahir di Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat, Hindia Belanda pada 8 Oktober 1884 dan meninggal 4 November 1954 pada umur 70 tahun.

Merupakan seorang pejuang kemerdekaan Indonesia dan telah ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia.

6. KH Wachid Hasyim

KH Wachid Hasyim lahir di Jombang, Jawa Timur pada 1 Juni 1914 dan meninggal di Cimahi, Jawa Barat 19 April 1953 pada umur 38 tahunJawa Barat 19 April 1953 pada umur 38 tahun.

Merupakan putera KH HasyimAsy’ari pendiri NU, menteri negara Indonesia pertama, dan merupakan pahlawan nasional Indonesia.

7. KH. Abdoel Kahar Moezakir

KH. Abdoel Kahar Moezakir adalah rektor Magnifucus yang dipilih Universitas Islam Indonesia untuk pertama kali dengan nama STI selama dua periode. Merupakan tokoh Islam yang tergabung dalam BPUPKI.

8. Abikoesno Tjokrosoejoso

Abikoesno Tjokrosoejoso lahir di Kota Karanganyar, Kebumen (1897-1968). Merupakan salah satu Bapak Pendiri Kemerdekaan Indonesia dan penandatanganan konstitusi.

Pasca merdeka, beliau menjabat sebagai Menteri Perhubungan dalam kabinet presidensial pertama Soekarno juga menjadi penasihat Biro Pekerjaan Umum.

9. Alexander Andries Maramis

Alexander Andries Maramis lahir di Manado, Sulawesi Utara, Hindia Belanda pada 20 Juni 1897 dan meninggal di Indonesia tahun 1977 saat usia 80 tahun.

Merupakan tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia serta pernah menjadi anggota KNIP dan Menteri Keuangan Indonesia pertama.


Piagam Jakarta


Image Source: z-brainly.co.id

Piagam Jakarta merupakan hasil dari perundingan yang dilakukan oleh panitiasembilan pada 22 Juni 1945 sebagai dasar negara Indonesia.

Piagam Jakarta merupakan cikal bakal Pembukaan UUD 1945 yang dalam perkembangannya mengalami revisi pada poin pertama.

Semoga biografi dan nama-nama anggota Panitia Sembilan ini mampu mengembalikan spirit sejarah untuk berkeunggulan. Aamiin. Salam.

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here