Tujuan Negara Secara Umum dan Menurut Para Ahli | Tujuan Negara Indonesia

Negara merupakan suatu wilayah yang di dalamnya terdapat rakyat dan pemerintah yang berdaulat.

Kita tahu bahwa ada banyak negara di dunia yang memiliki sistem pemerintahan,baik itu demokrasi, kerajaan, monarki, dan sebagainya.


Tujuan Negara


Image Source: ciputrauceo.net

Setiap negara pasti mempunyai tujuan negara serta fungsi-fungsi negara, seperti memberi keamanan, menegakkan keadilan dan fungsi pertahanan.

Setiap Negara pasti memiliki tujuan untuk berdiri atau cita-cita untuk mendirikan sebuah negara berdaulat.

Tujuan negara merupakan suatu pedoman dalam menyusun dan mengendalikan alat perlengkapan negara serta mengatur kehidupan rakyatnya.

Tujuan negara dipengaruhi oleh tempat, sejarah pembentukan, dan pengaruh dari penguasa negara yang bersangkutan.

Setelah mengetahui tujuan negara, maka Anda juga dapat mengetahui sifat organisasi negara dan legitimasi kekuasaan negara tersebut.

Tujuan Negara Secara Umum

Tujuan negara secara umum dapat dilihat pada perwujudan beberapa unsur, seperti keadilan, kemakmuran, keamanan dan kesejahteraan rakyat.

Berdasarkan banyak teori yang ada, secara umum ada 5 tujuan negara yang paling utama di antaranya yaitu sebagai berikut :

1. Menciptakan keadaan agar rakyat dapat mencapai keinginan-keinginannya secara maksimal.

2. Memajukan kesusilaan manusia sebagai individu dan sebagai makhluk sosial.

3. Mencapai penghidupan dan kehidupan yang aman dan tenteram dengan taat kepada Tuhan. Pemimpin negara dalam menjalankan kekuasaannya berdasarkan kekuasaan Tuhan.

4. Mengusahakan terselenggaranya ketertiban, keamanan, dan ketenteraman agar tercapai tujuan negara yang tertinggi, yaitu kemakmuran bersama.

5. Memelihara dan menjamin terlaksananya hak-hak asasi manusia. Kekuasaan penguasa dibatasi oleh hak-hak asasi manusia.

Tujuan Negara Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa teori tujuan negara menurut para ahli yang banyak dijadikan referensi

1. Teori perdamaian dunia

Dikemukakan Dante Alleghieri, tujuan negara menurut teori ini adalah mencapai perdamaian dunia sehingga perlu dibentuk satu negara di bawah satu imperium.

2. Teori negara kesejahteraan

Dikemukakan oleh Kranenburg, tujuan negara menurut teori ini adalah mewujudkan kesejahteraan warga negaranya.

3. Teori kedaulatan hukum

Dikemukakan oleh Krabbe, tujuan negara menurut teori ini adalah menyelenggarakan ketertiban hukum, dengan berdasarkan dan berpedoman pada hukum dimana hak-hak warga negara dijamin sepenuhnya oleh negara.

4. Teori kekuasaan negara

Dikemukakan Lord Shang Yang, tujuan negara menurut teori ini adalah berusaha mengumpulkan kekuasaan yang sebesar-besarnya.

5. Teori jaminan atas hak dan kebebasan

Dikemukakan oleh Immanuel Kant, tujuan negara menurut teori ini adalah membentuk dan mempertahankan hukum supaya hak dan kemerdekaan warga negara terpelihara.

6. Teori kemakmuran dan kesejahteraan rakyat

Dikemukakan oleh Nicolo Machiavelli, tujuan negara menurut teori adalah untuk menghimpun dan memperbesar kekuasaan negara agar tercipta kemakmuran, kehormatan, dan kesejahteraan rakyat.

7. Teori perkembangan rakyat

Dikemukakan oleh Roger F. Saltau, tujuan negara menurut teori ini adalah memungkinkan rakyatnya berkembang serta menyelenggarakan daya ciptanya sebebas mungkin.


Tujuan Negara Indonesia


Image Source: polkam.go.id

Tujuan negara Republik Indonesia sendiri tertuang secara jelas dalam pembukaan UUD 1945 pada alenia empat.

Tujuan Negara Republik Indonesia tersebut berbunyi :

“Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,memajukan kesejahteraan umum,Mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dapat disimpulkan tujuan Negara Republik Indonesia adalah tujuan perlindungan,kesejahteraan,pencerdasan,dan pedamaian.

Tujuan negara yang tercantum dalam UUD 1945 diharapkan dapat diterapkan dalam pelaksanaan pemerintahan Indonesia. Pemerintah dapat membuat kebijakan-kebijakan yang pro rakyat.

Sehingga rakyat Indonesia dapat merasakan kesejahteraan di Negara Indonesia dan benar-benar tercipta pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat

Pemerintah haruslah sesuai dengan tujuan Negara Republik Indonesia seperti tercantum pada pembukaan UUD 1945 alinea keempat diatas, yaitu tujuan perlindungan, kesejahteraan, pencerdasan, dan ketertiban atau perdamaian.

Tujuan Negara Republik Indonesia merupakan tanggung jawab Negara baik pemerintah maupun warga negaranya.

Demikian penjelasan mengenai tujuan negara. Semoga bermanfaat. Salam.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.