Mengenal Tarian Adat Aceh yang Populer di Indonesia

Tahukah kamu bahwa Aceh adalah provinsi yang memiliki kebudayaan daerah yang lumayan banyak. Salah satu kebudayaan sangat terkenal di Aceh ialah produk seni tarinya. Terlihat dari beberapa tari aceh yang sempat terkenal baik di dalam negeri maupun diluar negeri.

Jika diperhatikan lebih lanjut seni tarian adat Aceh ini penuh dengan nilai islami. Tarian nya juga melibatkan banyak orang, geraknya serupa dan rancak. Tak hanya itu, seni ini juga menggabungkan beberapa unsur-unsur diantaranya tari, musik dan sastra dan disajikan dengan pola-pola terbatas.

Beberapa Tarian Adat Aceh

Tari Saman

Tari Saman Aceh

ringkaskata.com

Tari Saman adalah salah satu tarian tradisional yang kental akan nuansa islami, hal ini terlihat dari cara berpakaian yang sangat santun. Di tahun 2011, UNESCO menetapkan bahwa tarian samam sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia.

Tarian ini biasanya diadakan pada saat perayaan adat dan juga sering dipertunjukkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tarian ini disajikan tanpa adanya iringan musik eksternal, hanya berasal dari suara dan tepuk tangan para penarinya.

Tari Tarek Pukat

Tarek Pukat

steemitimages.com

Jika dilihat dari namanya, tarian ini terinspiarasi dari tradisi menangkap ikan dengan menarik jala secara gotong-royong. Hasil tangkapan ikan ini dibagi secara merata kepada orang-orang yang ikut menarik jala tersebut. Dari hal inilah muncul tarian Tarek Pukat hasil dari inspirasi budaya masyakarat pesisir..

Mereka menari dengan menggunakan instrumen tambahan seperi tali, hal ini melambangkan jala atau yang biasa dikenal di Aceh pukat. Tidak hanya itu, tarian ini dilakukan oleh 7 penari wanita yang menggunakan pakaian tradisional Aceh.

Tari Likok Pulo

Likok Pulo

surgawisataaceh.blogspot.com

Seperti Tari Pukat, Likok Pulo juga merupakan seni tari dari pesisir. Hal ini bisa kita telaah dari namanya yang “Likok” memiliki arti gerakan tari sedangkan “Pulo” artinya pulau. Pulau yang dimaksudnya dari tarian ini ialah Pulau Beras (Breuh) yaitu pulau yang ada di daerah Aceh Besar di ujung pelosok utara Pulau Sumatera.

Tarian Likok pulo ini dilakukan kurang lebih 12 penari, dengan menggunakan pakaian adat Aceh serta tambahan bambu seukuran jari telunjuk. Formasi yang dilakukan pada tarian ini duduk memanjang dan posisi selang seling atas bawah.

Jika kamu menonton tarian ini, maka aku akan mendapatkan nasehat-nasehat yang disampaikan pada syair-syair didalam nya, oleh penari utama.

Tari Laweut

Laweut

perpustakaan.id

Tari Laweut merupakan salah satu tarian yang ada di Aceh tepatnya di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Saat ini, tarian Laweut menjadi salah satu tarian yang amat populer di Aceh bersamaan pula dengan Tari Saman dan Tari Seudati. Kalau dulu orang mengenal tari ini Seudati Inong daripada Tari Laweut.

Tari Laweut ini merupakan dari Seudati versi nya wanita. Ada banyak kesamaan dari kedua tarian ini, baik itu gerakan pola tarian, hingga proses tekniknya. Dan bahkan melibatkan 8 penari dan 1 syahi yang sekaligus tugasnya adalah memimpin tarian.

Tari Seudati

Tari Seudati

pasaiaceh.com

Tari Seudati dulunya bernama Ratoh yang memiliki arti pencitraan tentang apapun yang berhubungan dengan sosial-kemasyarakatan. Tarian ini awalnya berada di Kabupaten Pidie dan Kabupaten Aceh Utara.

Dalam tarian ini ada 8 penari dan masing-masing diantaranya memiliki jabatan tersendiri, itulah ciri khas yang ditampilkan pada tari Seudati ini. Tidak hanya itu keindahan gerakan, kekompakkan serta kegembiraan juga disampaikan dalam tarian ini, sehingga menggambarkan kebersamaan pada seluruh tubuh penari saat bergerak menarikannya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.