Ulasan Mengenasi Ciri-Ciri dan Pengertian Wirausaha yang Sukses

Pengertian wirausaha biasanya diidentikkan dengan bekerja. Berwirausaha menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Bahkan banyak pula orang yang memiliki menjadi wirausaha dibandingkan dengan bekerja kantoran.

Tidak heran jika banyak pekerja kantoran yang resign dari perusahaan tempat ia bekerja dan membuka wirausahanya sendiri meskipun harus memulainya dari nol.

Nah, bagi anda yang tertarik dengan dunia wirausaha, kali ini akan dibahas mengenai pengertian wirausaha, pengertian wirausahawan, ciri-ciri wirausaha dan tujuan wirausaha.

Hal ini berguna agar anda lebih memahami apa itu wirausaha, sehingga anda bisa lebih mudah ketika ingin masuk ke dunia wirausaha.

Pengertian Wirausaha

sahabatpegadaian.com

Menurut bahasa pengertian wirausaha berasal dari dua kata yakni wira dan usaha. Wira berarti berani sedangkan usaha berarti usaha. Jadi bisa disimpulkan bahwa wirausaha adalah seseorang yang berani mengambil risiko dan melihat peluang sebuah usaha.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan wirausaha. Bahkan dengan menjadi seorang wirausahawan, anda juga bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi orang lain.

Saat ini pemerintah juga sangat mendukung setiap orang yang berani untuk berwirausaha. Sebab, dengan berwirausaha secara tidak langsung hal ini turut mendukung perekonomian negara. Dengan demikian angka pengangguran secara otomatis juga turun.

jurnal.id

Namun, dalam memulai dan menjalankan wirausaha tentunya tidak semudah apa yang dibayangkan. Harus ada kehati-hatian dalam mengambil sikap, langkah maupun keputusan.

Sebab, apabila salah langkah usaha yang dibuat bisa gagal. Terlebih lagi untuk memulai sebuah usaha dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Apalagi modal menjadi hal yang paling utama jika anda ingin memulai berwirausaha.

Ciri-Ciri Wirausaha

Wirausaha juga memiliki ciri-ciri khusus terlebih bagi wirausaha yang benar. Jadi, jika anda ingin memulai sebuah usaha pastikan jenis wirausaha yang akan dibuat memang benar dan tidak menyalahi aturan.

Berikut ini adalah ciri-ciri wirausaha yang baik dan benar.

1. Selalu Berpikir Positif

contohusaha.com

Berpikir positif menjadi hal yang penting jika anda ingin memulai sebuah wirausaha. Berpikir positif ini sangat penting terutama bagi anda yang akan mengambil keputusan dalam sebuah usaha.

Terlebih dalam berwirausaha peluang untuk gagal itu ada, hal inilah yang membuat banyak orang takut untuk memulai sebuah usaha.

Padahal dengan berpikir positif secara tidak langsung rasa cemas ini akan berubah menjadi sikap optimis bahwa usaha yang dilakukan akan berhasil. Hal ini juga yang membuat anda akan jauh lebih semangat dalam menjalankan sebuah usaha.

2. Selalu Percaya Diri

binisto.com

Berpikir positif saja tidak cukup, namun anda juga harus memiliki sikap yang berani dan penuh dengan percaya diri. Yakinlah bahwa usaha yang anda dirikan sendiri ini bisa sukses.

Dengan sikap percaya diri yang tinggi, hal ini bisa turut mendukung pekerjaan yang sedang dijalankan. Sehingga jiwa menjadi lebih termotivasi untuk mewujudkan sebuah usaha yang sukses.

3. Berani Mengambil Risiko

mello.id

Seorang wirausahawan juga selalu berani untuk mengambil risiko. Sebab, risiko ini akan selalu ada pada setiap keputusan yang akan anda ambil meskipun peluang risiko ini besar ataupun kecil.

Beberapa risiko yang mungkin terjadi dalam dunia usaha adalah kecelakaan, kebakaran, kegagalan, dan juga munculnya kerugian. Dalam menghadapi risiko, anda juga harus tenang dan berusaha untuk mencari jalan keluar.

Sebab, semakin tinggi dan besar usaha yang dibuat, maka risikonya juga akan semakin besar. Sama halnya dengan semakin tinggi dan besar sebuah usaha, maka keuntungannya juga akan semakin besar.

4. Memiliki Jiwa Pemimpin

kanefood.com

Seorang wirausahawan juga harus memiliki jiwa kepemimpinan, apa jadinya jika anda mendirikan sebuah perusahaan namun tidak memiliki jiwa kepemimpinan sedikitpun. Bukankah usaha yang dijalankan tidak akan bisa berjalan?

Sebab, ketika anda berwirausaha, secara otomatis anda akan menjadi seorang bos. Jika terjadi suatu masalah secara tiba-tiba, maka anda yang harus sigap di depan dan menghadapi permasalahan tersebut.

Anda juga harus memikirkan solusi untuk memecahkan masalah. Tidak hanya itu saja, anda juga harus memimpin karyawan terutama dalam meningkatkan kinerjanya di perusahaan.

5. Selalu Menatap Masa Depan

satujam.com

Yang namanya enterpreneur sejati selalu berpikir untuk situasi yang akan datang. Misalnya tepat dalam mencari peluang untuk menciptakan usaha yang lebih sukses di masa yang akan datang.

Oleh sebab itu, seorang wirausaha harus memiliki literasi yang kuat mengenai wawasannya sehingga ia dapat mengembangkan ide-ide baru di masa yang akan datang.

6. Berorientasi Pada Hasil

ukmsumut.com

Menjadi wirausahawan itu berarti anda harus selalu berorientasi pada setiap hasil yang didapatkan. Hal ini sangat penting, sebab dalam dunia usaha pasti akan ada hambatan yang membuat anda ingin menyerah.

Namun dari hambatan tersebut anda juga akan merasa tertantang, sehingga hasil yang diinginkan bisa didapatkan sesuai dengan rencana.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.