Pengertian Variabel Secara Ringkas serta Bahasan Tentang Jenis Variabel

Bagi kamu yang saat ini tengah mencari pembahasan mengenai pengertian variabel, tentunya dengan membaca artikel ini adalah pilihan yang tepat karena disini kami ingin berbagi pengetahuan yang kelak dapat berguna untuk teman-teman sekalian.

Tak hanya pengertian variabel saja yang akan dibahas, tapi disini juga akan dibahas tentang macam-macam jenis variabel sehingga teman-teman bisa lebih mengetahui tentang variabel lebih jauh.


Pengertian Variabel


romadecade.org

Variabel adalah sesuatu yang sifatnya dapat berubah-ubah ataupun tidak tetap. Dengan kata lain variabel dapat diartikan sebagai nilai yang punya banyak jenisnya, dengan inti yang bernilai banyak.

Pengertian variabel juga dijelaskan oleh beberapa ahli seperti F.N Kerlinger dimana menurut beliau variabel adalah sebuah konsep yang punya macam-macam nilai dan konsepnya juga sudah diubah.

Ahli kedua Freddy Rankuti mengatakan jika variabel diartikan sebagai konsep yang punya nilai bervariasi dimana nilai tersebut dapat dibagi ke dalam 4 data yang berbeda-beda mulai dari skala, ordinal, rasio, dan nominal.

Sementara menurut Sutrisno Hadi variabel merupakan variasi dari sebuah objek penelitian. Sebagai contoh tinggi manusia yang divariasikan ke dalam umur atau bisa juga berat badannya.

Berdasarkan pendapat dari berbagai ahli tersebut, dapat disimpulkan jika variabel merupakan besaran yang dapat diubah dan akan selalu berubah serta dapat berpengaruh terhadap kejadian yang merupakan hasil dari penelitian. Dengan menggunakan variabel kita dapat menghitung data apapun yang kita butuhkan.


Jenis Variabel


satujam.com

Setelah mengetahui pengertian variabel, pembahasan selanjutnya adalah mengenai macam-macam variabel. Variabel terdiri dari 4 jenis yaitu variabel independen, dependen, moderator, dan variabel intervening.

Variabel independen merupakan variabel yang disebabkan karena perubahan dan dapat menimbulkan variabel yang terikat ataupun dependen. Variabel ini bisa disebut juga sebagai variabel bebas dan kaitannya adalah dengan variabel kuasa, pengaruh dan lain-lain.

dictio.id

Variabel kedua adalah dependen, variabel ini tidak bebas, terikat serta dapat mempengaruhi setiap variabel bebas.

Variabel ketiga adalah variabel moderator dimana pada variabel ini dapat mempengaruhi hal-hal agar menjadi lebih kuat atau sebaliknya lebih lemah dan punya hubungan variabel yang bebas dan terikat. Variabel ini sering disebut sebagai variabel moderator.

Dan terakhir adalah variabel intervening, dimana pada variabel ini yang mempengaruhi suatu hubungan antara variabel yang bebas dan terikat dan tidak dapat diamati serta diukur. Jadi variabel ini belum dapat diukur secara langsung karena nilainya terus mengalami perubahan.

Demikianlah tadi penjelasan singkat tentang pengertian variabel dan macam-macam variabel itu sendiri. Jika kamu ingin lebih memahami variabel, kamu bisa membaca lebih banyak artikel yang mengulas tentang topik yang ingin kamu pahami.

Kamu juga harus dapat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan variabel serta contoh perhitungan yang lain sehingga jadi lebih jelas dan paham.

dictio.id

Dengan hadirnya internet, tentu segala informasi bisa didapatkan dengan mudah karena memang kecanggihan teknologi yang ada saat ini menjadi alat yang dapat memudahkan kamu untuk mengakses segala sesuatu.

Kamu tentu dengan mudah dapat memanfaatkan gadget yang kamu punya untuk melakukan pencarian lebih banyak tentang variabel. Semoga dengan topik yang dibahas kali ini bisa menambah wawasan bagi pembaca sekalian yang saat ini tengah ingin memahami apa itu variabel sendiri.

Dengan memperbanyak membaca artikel tentunya ilmu yang kamu dapatkan pun akan semakin banyak, sehingga dampak positif dari teknologi yang ada dapat kamu rasakan.

Keyword: pengertian variabel

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.