2
6

Pengertian Tanggung Jawab Beserta Jenis jenisnya

Apa sajakah tanggung jawab yang Anda emban berdasarkan pengalaman Anda selama ini? Kepada siapa saja tanggung jawab itu Anda tujukan? Apakah Anda dapat melaksanakan serangkaian tanggung jawab itu dengan baik?

Untuk lebih tahu mengenai tanggung jawab, maka berikut kami jelaskan mengenai pengertian dan macam macam nya.


Pengertian Tanggung Jawab


Image Source: essayclick.net

Berikut Beberapa pengertian tanggung jawab secara umum dan para ahli.

  • Menurut KBBI (Kamus Umum Bahasa Besar Indonesia)

Pengertian tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

  • Menurut Friedrich August von Hayek

Pada hakikatnya hanya masing-masing individu yang dapat bertanggungjawab. Hanya mereka yang memikul akibat dari perbuatan mereka. Oleh karenanya, istilah tanggungjawab pribadi atau tanggungjawab sendiri sebenarnya “mubadzir”. Suatu masyarakat yang tidak mengakui bahwa setiap individu mempunyai nilainya sendiri yang berhak diikutinya tidak mampu menghargai martabat individu tersebut dan tidak mampu mengenali hakikat kebebasan.

  • Menurut George Bernard Shaw

Orang yang dapat bertanggungjawab terhadap tindakannya dan mempertanggungjawabkan perbuatannya hanyalah orang yang mengambil keputusan dan bertindak tanpa tekanan dari pihak manapun atau secara bebas.

  • Menurut Carl Horber

Orang yang terlibat dalam organisasi-organisai seperti ini adalah mereka yang melaksanakan tanggungjawab pribadi untuk diri sendiri dan orang lain.Semboyan umum semua birokrat adalah perlindungan sebagai ganti tanggung jawab.

  • Menurut Sugeng Istanto

Pertanggungjawaban berarti kewajiban memberikan jawaban yang merupakan perhitungan atas semua hal yang terjadi dan kewajiban untuk memberikan pemulihan atas kerugian yang mungkin ditimbulkannya.


Jenis Jenis Tanggung Jawab


Image Source: meetmypotential.com

Tanggung jawab terkait dengan kewajiban. Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kewajiban terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, Tuhan, serta bangsa dan negara.

Oleh sebab itu, dalam praktik kehidupan, tanggung jawab manusia meliputi tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap keluarga, tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab terhadap Tuhan, serta tanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

1. Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah tanggung jawab individu dalam melakukan hal-hal yang diperlukan untuk kelayakan dan kebaikan hidup diri sendiri.

Banyak sekali hal yang menjadi tanggung jawab individu dalam ikhtiar melangsungkan dan mempertahankan hidupnya.

Tanggung jawab utama individu terhadap diri sendiri adalah memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya sebagai manusia yaitu kebutuhan makan dan minum, sandang (pakaian), serta tempat tinggal (rumah).

Selama kehidupannya normal, individu cenderung mudah untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Hal ini karena secara naluriah setiap individu umumnya memiliki sifat egosentris (sifat keakuan) yang besar dan kecenderungan survival yang kuat.

Sifat dan kecenderungan ini menyebabkan manusia menggunakan hampir semua waktu hidupnya untuk melindungi dan memperjuangkan kepentingan-kepentingannya.

Melindungi dan memperjuangkan kepentingan diri dalam arti luas tidak lain merupakan bentuk pertanggungjawaban individu terhadap dirinya sendiri.

2. Tanggung Jawab terhadap Keluarga

Tanggung jawab terhadap keluarga adalah tanggung jawab individu sebagai anggota keluarga dalam melakukan hal-hal yang diperlukan untuk kebaikan dan kelangsungan hidup keluarga.

Setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda sesuai dengan kedudukannya dalam keluarga.

Tanggung jawab utama ayah atau suami umumnya ialah memimpin keluarga dan mencari nafkah untuk menghidupi keluarga, tanggung jawab utama ibu atau istri adalah mengurus rumah tangga, serta tanggung jawab pokok anak adalah menaati perintah dan mengikuti bimbingan orang tua.

Namun, dalam hal-hal tertentu, semua anggota keluarga kadang memiliki tanggung jawab yang sama, misalnya tanggung jawab menjaga nama baik keluarga.

3. Tanggung Jawab terhadap Masyarakat

Tanggung jawab terhadap masyarakat merupakan tanggung jawab individu sebagai anggota warga masyarakat dalam turut ambil bagian melakukan kegiatan tertentu atau menerapkan sikap dan perilaku tertentu dalam upaya menciptakan ketertiban, keamanan, ketenangan, kerukunan, keserasian, dan nilai-nilai keutamaan hidup bermasyarakat lain.

Sebagai anggota masyarakat, setiap individu lazim diharuskan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan kemasyarakatan serta menjaga sikap dan perilaku positif.

Hal ini dilakukan agar di sisi satu tercipta kerekatan sosial (terbentuk rasa kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan, kerukunan, dan sebagainya) serta di sisi lain ketertiban dan kepentingan umum terjaga dengan baik.

4. Tanggung Jawab terhadap Tuhan

Alam semesta beserta isinya termasuk manusia diciptakan oleh Tuhan. Sebagai makhluk hidup ciptaan Tuhan, manusia mempunyai serangkaian tanggung jawab terhadap Tuhan.

Tanggung jawab terhadap Tuhan adalah tanggung jawab individu sebagai ciptaan Tuhan untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban tertentu sebagai bentuk pengabdian atau penghambaan kepada Tuhan.

Pelaksanaan tanggung jawab manusia kepada Tuhan umumnya dianggap bersifat mutlak. Individu yang memiliki kesadaran religius tinggi lazim menganggap bahwa manusia wajib melaksanakan semua kewajibannya kepada Tuhan sebagai manifestasi pertanggungjawaban hamba kepada Tuhan.

Hal ini sudah diatur secara eksplisit dalam kitab suci agama-agama di dunia. Contoh tanggung jawab individu terhadap Tuhan ialah melakukan ibadah, memberikan pertolongan kepada sesama manusia, menyantuni orang miskin, serta hormat dan patuh kepada orang tua.

5. Tanggung Jawab terhadap Bangsa dan Negara

Selain menjadi anggota masyarakat, setiap individu umumnya merupakan anggota dari suatu bangsa dan negara. Individu yang menjadi anggota dari suatu bangsa dan negara lazim disebut warga negara.

Sebagai bagian dari suatu bangsa dan negara, setiap Individu atau warga negara mempunyai tanggung jawab terhadap bangsa dan negaranya masing-masing.

Keyword: Pengertian Tanggung Jawab

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.