Pengertian Pembelajaran dan Cara Menerapkan Metode KMB yang Baik

Pembelajaran merupakan proses dalam interaksi bagi para peserta didik maupun sumber belajar di suatu lingkungan belajar. Pengertian pembelajaran ini dapat meliputi dari siswa dan guru yang saling bertukar sumber informasi.

Proses pembelajaran hampir sama dengan pengajaran. Padahal kedua kata ini memilki konotasi yang berbeda.

Seorang guru mengajar supaya siswa bisa belajar serta menguasai isi dari pelajaran sampai bisa mencapai sesuatu yang objektif sesuai aspek kognitif.

Proses pembelajaran ini akan sangat berpengaruh pada keterampilan dan perubahan sikap bagi peserta didik.

Selain itu proses dari pengajaran pun mampu memberikan kesan sebagai pekerjaan satu pihak sebagai pengajar saja. Pembelajaran memberikan syarat interaksi antara peseta didik dengan pengajar.

Tujuan Proses Pembelajaran

kid101.com

Pembelajaran yang dilakukan tidak hanya sebatas belajar teori saja, akan tetapi proses pembelajaran memiliki tujuan tertentu, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Tujuan instructional objective

liputan6.com

Tujuan pembelajaran secara instructional objective merupakan perilaku dari hasil belajar apa yang diharapkan dapat terjadi.

Artinya materi pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik diharapkan dapat diterima dengan baik. Setelah peserta didik mengikuti kegiatan pembelajran peserta didik dapat memahaminya.

2. Sesuai kompetensi

covsf.com

Pembelajaran adalah tujuan pelaku yang akan dicapai maupun dikerjakan peserta didik sesuai dengan kompetensinya.

Hal ini dapat diwujudkan dengan melalui bentuk tulisan yang akan menggambarkan hasil dari pembelajaran sesuai yang diharapkan.

3. Keterampilan

acehtrend.com

Pembelajaran juga memiliki tujuan sebagai keterampilan maupun konsep agar para peserta didik dapat menguasai materi yang diberikan oleh guru.

4. Menguasai materi

tribunnews.com

Tujuan dari pembelajaran yang ke-4 yaitu sebagai arah yang akan dituju, termasuk serangkaian dari aktifitas yang sengaja dilakukan pada proses pembelajaran.

Sedangkan untuk tujuannya yaitu untuk merumuskan pembelajaran pada bentuk perilaku dari kompetensi secara aktual, spesifik dan terukur.

Hal ini pun juga disesuaikan dengan apa yang dimiliki, apa yang diharapkan bisa terjadi maupun apa yang dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti proses kegiatan pembelajaran.

Ilustrasi Pengertian Pembelajaran

thelocal.se

Pada dasarnya, proses dari penyusunan tujuan pembelajaran menjadi tahapan yang sangat penting untuk diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Hal ini dikarenakan rangkaian pengembangan dari desain pembelajaran mampu memberikan hasil yang telah ditetapkan.

Melalui tahapan ini, maka seorang guru bisa menentukan apa dan bagaimana yang harus dilakukan untuk melakukan tahapan yang lainnya.

Melalui tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan inilah yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam hal menentukan jenis strategi pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran maupun metode pembelajaran yang akan digunakan pada proses pembelajarannya.

Apabila suatu proses pembelajaran tidak memiliki tujuan yang jelas, maka hal ini memberikan dampak yang buruk antara peserta didik dan guru.

Bagaimana tidak? Tanpa adanya tujuan yang jelas, maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar, tidak fokus dan menjadi tidak efektif. Hal ini disebabkan tidak ada jalan yang terarah.

expatica.com

Dengan demikian, hal itulah pentingnya penerapan tujuan proses pembelajaran. Melalui proses pembelajaran yang sudah direncanakan, dengan tujuan yang jelas dan terarah, tentunya proses pembelajaran dapat berjalan sangat baik.

Menjadi seorang guru harus bisa membawa peserta didiknya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Termasuk memberikan pembelajaran yang sekiranya dapat dipahami denga baik oleh para peserta didik.

Sedangkan menggunakan metode pembelajarannya tidak hanya seorang guru saja yang memahaminya, namun pastikan juga bahwa peserta didik juga mengerti dan memahami apa yang sedang anda ajarkan tersebut.

Dengan begitu maka hubungan dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa mampu seimbang.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.