2

Pengertian Negara dan Unsur-Unsur Penting yang Melengkapinya

Pengertian negara bisa diartikan sebagai sebuah kelompok sosial yang menduduki sebuah wilayan tertentu yang terorganisir dalam sebuah lembaga pemerintahan yang efektif.

Negara memiliki kesatuan politik berdaulat sehingga memiliki hak untuk menentukan tujuan nasional dari sebuah negara. Ibarat sebuah organisasi, itulah negara.

Pengertian Negara dan Organisasi Politik

swansea.ac.uk

Lebih spesifiknya organisasi politik sebagai bagian dari organisasi sosial yang lebih luas.

Negara juga merupakan kekuasaan dimana ada pihak yang berkuasa dan ada pihak yang menjadi subjek kekuasaan. Wilayah tertentu juga harus dimiliki oleh sebuah negara. Negara tentunya juga memiliki sekelompok orang yang tinggal di wilayahnya.

Unsur-Unsur Negara

Ada 4 hal yang mendasar yang bisa dikatakan sebagai unsur dari sebuah negara sehingga orang lain atau bangsa lain mengakui keberadaan sebuah negara tersebut.

1. Rakyat

republika.co.id

Bisa dikatakan jika rakyat merupakan sebuah kelompok manusia yang menduduki sebuah wilayah tertentu. Rakyat adalah unsur terpenting dalam sebuah negara karena rakyatlah yang pertama kali berkehendak untuk membentuk suatu negara.

Rakyat juga yang memulai, merencanakan, merintis, mengendalikan, dan menyelenggarakan suatu pemerintahan negara. Cakupan rakyat meliputi penduduk dan bukan penduduk, warga negara dan bukan warga negara serta bangsa.

2. Wilayah

rd.com

Wilayah atau daerah adalah sebuah tempat berlindung bagi sekumpulan rakyat dan juga tempat bagi pemerintahan untuk berorganisasi atau menyelenggarakan segala kegiatan pemerintahan yang sah. Hal ini meliputi wilayah daratan, lautan, dan wilayah udara.

3. Pemerintah yang Berdaulat

lensabudaya.com

Pemerintah yang berdaulat memiliki kekuasaan tertinggi yang ada di tangan rakyat. Kekuasaan yang dipegang pemerintah hakikatnya adalah kekuasaan rakyat.

Rakyat sangat menghormati keputusan dan kebijakan yang dibuat pemerintah. Pemerintah juga menghormati rakyatnya dan rakyat juga harus menghormati pemerintahannya, sehingga negara lain juga segan dan menghormatinya.

4. Pengakuan dari Negara Lain

theconversation.com

Unsur pengakuan dari negara lain bukanlah unsur pokok dalam adanya atau berdirinya suatu negara baru.

Hal ini bersifat menerangkan adanya negara (deklaratif) atau pengakuan dari negara lain bahwa negara baru tersebut benar adanya baik secara formal maupun non-formal.

Fungsi dan Pengertian Negara

Fungsi negara dibagi menjadi 4 bagian yang penting dan memang harus dilakukan oleh sebuah negara jika ingin negara tersebut terus berjalan.

1. Fungsi Ketahanan dan Keamanan

merdeka.com

Suatu negara wajib untuk dapat melindungi seluruh unsur negara (yaitu berupa rakyat, wilayah, serta pemerintahan), dari segala bentuk ancaman, gangguan atau hambatan bahkan tantangan yang lain bisa berasal dari internal maupun eksternal.

2. Fungsi Keadilan

beritagar.id

Sudah barang pasti suatu negara memang wajib untuk berlaku adil di mata maupun di muka hukum tanpa adanya diskriminasi.

Perbedaan maupun kepentingan tertentu dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab atau yang ingin memecah belah.

3. Fungsi Kesejahteraan dan Kemakmuran

dnaberita.com

Dimana sebuah negara harus dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dimilikinya. Hal tersebut dilakukan agar negara bisa meningkatkan kesejahteraan hidup dari seluruh warga negara dan bangsanya agar bisa hidup dengan lebih makmur dan sejahtera.

4. Fungsi Pengaturan dan Keadilan

republika.co.id

Setiap negara wajib memiliki perundang-undangan yang mana supaya dapat melaksanakan semua kebijakan dengan adanya landasan serta pedoman yang kuat.

Agar dapat membentuk suatu tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan juga bernegara dengan aman, nyaman, makmur serta sejahtera.

Itulah beberapa fungsi dalam sebuah negara. Negara dibentuk bukan berdasarkan kekuasaan saja namun juga harus memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya.

Karena jika tidak ada masyarakat maka negara tidak akan dapat dibentuk. Negara haruslah menjamin kesejahteraan seluruh masyarakatnya agar masyarakat tetap membela dan bangga menjadi bagian dari negara tersebut.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.