2
4

Pengertian Media Pembelajaran Beserta Jenis dan Manfaatnya

Teruntuk kamu yang saat ini tengah ingin mengetahui apa itu media pembelajaran, maka kamu harus membaca dan memahami artikel ini dengan baik.

Kali ini kami akan membahas mengenai  pengertian media pembelajaran beserta uraiannya.

kompasiana.com

Pengertian media tentunya mengarah kepada sebuah atau suatu hal yang dapat digunakan untuk meneruskan informasi atau pesan antara si pemberi pesan dengan si penerima pesan. Media juga merupakan bentuk ataupun saluran yang dapat digunakan untuk berbagi informasi.

Media memiliki peranan penting di dalam proses pembelajaran karena media dapat menjadi sarana ataupun perangkat yang dapat menjadi perantara atau saluran agar proses komunikasi diantara komunikator dan komunikan bisa berjalan dengan lancar.

Jadi media merupakan alat bantu yang dapat digunakan sebagai penyalur pesan untuk mencapai tujuan dari pengajaran.

Media pembelajaran bisa dikatakan sebagai alat bantu di dalam proses pembelajaran yang berfungsi untuk merangsang pikiran, perhatian, perasaan ataupun keterampilan pelajar sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan efektif.


Pengertian Media Pembalajaran


sangpengajar.com

Pengertian media pembelajaran juga bisa diartikan sebagai alat yang digunakan untuk menyampaikan isi dari materi pelajaran.

Contoh media pembelajaran diantaranya buku, kaset, rekorder, film, slide, kamera dan masih banyak lagi alat bantu yang lain yang gunanya untuk memudahkan proses penyampaian materi ke peserta didik.

Dengan adanya media pembelajaran tentunya guru yang ingin menyampaikan materi atau pelajaran bisa diterima dengan baik oleh peserta didik karena media pembelajaran sendiri berguna untuk memperjelas penyajian materi agar tidak bersifat verbal semata.

Media pembelajaran juga menjadi jawaban atas keterbatasan ruang, waktu serta daya indra. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat tentunya peserta didik yang pasif bisa segera diatasi.

Selain itu media pembelajaran juga menjadikan pengalaman terhadap manusia dari yang semula abstrak menjadi konkrit serta memberikan stimulus dan juga merangsang ke peserta didik agar bisa belajar dengan aktif.

Manfaat penggunaan media bisa meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar sehingga prestasi dari peserta didik pun jadi tambah meningkat dan juga membuat peserta didik jadi lebih mudah memahami apa saja materi yang disampaikan.

Dari beberapa uraian di atas tentunya penggunaan media pembelajaran sendiri sangat efektif guna menunjang kegiatan proses belajar mengajar.


Jenis-Jenis Media Pembalajaran


kabarsumbawa.com

Selain pengertian-media-pembelajaran, kita juga harus tahu jika media pembelajaran sendiri bisa dibagi ke dalam 4 golongan yaitu media visual, media audio, media audio-visual dan juga multimedia.

Media visual adalah jenis media yang semata-mata manfaatnya untuk menyampaikan pesan pembelajaran lewat indera penghilatan peserta didik. Misalnya media cetak yaitu buku, modul dan lain sebagainya.

Media audio hanya melibatkan salah satu panca indera si peserta didik yaitu pendengarannya sehingga informasi yang diterima berupa pesan yang disampaikan secara verbal.

Ketiga adalah media audio-visual diamana media ini digunakan di dalam kegiatan belajar mengajar dengan melibatkan indra penglihatan dan juga pendengaran.

Dan yang keempat adalah multimedia dimana media ini melibatkan beberapa macam media yang digunakan secara intergrasi di dalam proses pembelajaran.

Jadi, pengertian-media-pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan di dalam proses pembelajaran dengan tujuan agar peserta didik bisa menangkap materi yang diajarkan dengan mudah.

Jika kamu belum mengerti atau masih bingung dengan media pembelajaran, kamu bisa perbanyak lagi bahan bacaan kamu dengan membaca artikel serupa lainnya di internet. Semoga bermanfaat!

Keyword: Pengertian Media Pembelajaran

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.