Mengulas Pengertian Manajemen serta Fungsinya Terkait Kepemimpinan

Dalam organisasi atau perusahaan pasti terdapat berbagai permasalahan yang harus dipecahkan. Disinilah pengertian manajemen diterapkan. Tak jarang permasalahan dalam organisasi atau perusahaan dapat semakin buruk akibat manajemennya yang hancur.

Manajemen dalam organisasi atau perusahaan berperan mengatur kehidupan organisasi atau perusahaan agar dapat berjalan sesuai tujuan bersama.

Inilah mengapa manajemen sangat penting di dalam organisasi atau perusahaan.

Pengertian Manajemen Secara Singkat

ipospedia.com

Secara singkat pengertian manajemen adalah mengatur. Manajemen adalah unsur yang sangat penting. Sebuah organisasi atau perusahaan akan berjalan dengan baik jika manajemen di dalamnya juga teratur dan kondusif.

Melalui manajemen yang baik, akan meningkatkan kualitas organisasi dan lingkungan kerja yang positif. Oleh karenanya manajemen tidak dapat dipisahkan dengan segala jenis organisasi atau perusahaan.

Pada dasarnya manajemen sudah ada sejak manusia ada. Sebab manajemen bukan hanya untuk mengatur organisasi namun juga mengatur hubungan antara sesama manusia.

qerja.com

Sebagai contoh, yaitu peran sebagai ibu rumah tangga. Dalam mengurus rumah tangga, ibu mengatur berbagai kebutuhan hidup keluarga. Baik kebutuhan ekonomi maupun kebutuhan lainnya.

Tak hanya itu, ibu juga memantau dan mengontrol anak-anak dan berbagai kebutuhan lainnya. Ibu selalu mencari cara agar kebutuhan dan keperluan rumah tangga tetap dalam kondisi stabil demi tujuan sebuah keluarga yaitu menciptakan keluarga yang tentram dan bahagia.

Dengan demikian manajemen didefinisikan sebagai seni melakukan pekerjaan melalui orang lain.

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen bagi organisasi mencakup empat hal. Hal-hal tersebut yaitu sering di sebut sebagai POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling).

Pembahasan mengenai keempat fungsi tersebut diuraikan pada ulasan berikut:

1. Planning (Perencanaan)

marketeers.com

Perencanaan adalah fungsi manajemen yang pertama. Perencanaan atau merencanakan merupakan hal yang dilakukan untuk membuat dan menetapkan rencana.

Dalam organisasi terdapat komponen-komponen seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, berbagai tingkatan divisi hingga staf. Setiap komponen-komponen ini memiliki tugas masing-masing untuk mencapai satu tujuan yang sama.

Perencanaan sendiri berfungsi sebagai penentu tujuan yang akan dicapai. Selain itu perencanaan juga bermanfaat sebagai sarana penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.

Dengan adanya perencanaan yang matang, tujuan yang ingin dicapai menjadi jelas dan lebih terarah.

2. Organization

lifestyle.bisnis.com

Pengorganisasian (organization) dapat diartikan sebagai kegiatan mengkordinasi mulai dari sumber daya, tugas, hak dan kewajiban, otoritas dan berbagai hal yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.

Tujuan dilakukan pengorganisasian yaitu untuk membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian ini dapat mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan.

Disamping itu manajer juga akan mudah untuk menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.

3. Actuating

maxmanroe.com

Fungsi manajemen yang ketiga yaitu sebagai pelaksana. Tanpa manajemen, semua kegiatan bahkan tujuan organisasi tidak dapat terlaksana. Begitu pula adanya perencanaan dan pengorganisasian yang baik tidak akan mencapai tujuan tanpa pelaksanaan.

Pelaksanaan atau actuating merupakan upaya untuk membuat anggota mau dan berusaha bekerja sesuai dengan rencana dan tujuan organisasi.

Disinilah seorang manajer berperan. Manajer harus mampu mengarahkan anggotanya untuk melaksanakan masing-masing tugasnya.

4. Controling

finansialku.com

Controling menjadi fungsi manajemen yang terakhir. Fungsi pengendalian disini berperan untuk melihat apakah semua tugas dan kegiatan yang dikerjakan sesuai dengan rencana atau tidak.

Disamping itu dengan menjalankan fungsi ini, akan mengevaluasi terkait prestasi yang telah dicapai dan melakukan perbaikan jika kegiatan tidak berjalan sesuai rencana.

Pengendalian juga ditujukan untuk mengendalikan organisasi seperti melakukan pencegahan dan meminimalisir hal-hal yang dapat menghancurkan organisasi.

Begitulah pentingnya pengendalian bagi organisasi. Semoga artikel mengenai pengertian manajemen beserta fungsinya ini bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.