Pengertian Kekuasaan dalam Bidang Organisasi dan Manajemen

Pengertian kekuasaan dapat diibaratkan dalam pelaksanaan suatu kegiatan atau proyek, seorang leader (pemimpin) diharapkan mampu mengorganisir seluruh anggota untuk melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan apa yang diinstruksikan oleh leader.

Leader adalah seseorang yang dianggap mampu untuk mengatur seluruh tahapan pekerjaan dalam suatu organisasi. Atas dasar apa leader tersebut berhak untuk mengatur semua itu? Tentunya atas dasar kepercayaan dan kekuasaan yang dimiliki oleh leader tersebut.

Secara umum, pengertian kekuasaan adalah hak wewenang yang dimiliki seseorang (umumnya disebut pemimpin) untuk mempengaruhi perilaku orang lain, guna melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh pemimpin.

Dengan kekuasaan yang dimiliki oleh pemimpin, ia dapat memeberikan instruksi kepada orang lain untuk menyelesaikan tugas yang ia berikan.


Pengertian Kekuasaan


teleskop.id

Definisi lain dari kekuasaan yang mungkin dapat lebih mudah untuk anda fahami, bahwa kekuasaan merupakan hubungan antara individu atau kelompok dengan individu atau kelompok lain, dimana pihak pertama dapat mempengaruhi tindakan pihak yang lain.

Berjalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan yang berkembang di berbagai bidang. Sering kali orang menyamakan antara kekuasaan dan wewenang.

Dalam beberapa hal, antara kekuasaan dan wewenang memang mempunyai kemiripan. Kekuasaan adalah kemampuan untuk melakukan wewenang atau hak tersebut.

Sehingga yang dimaksud dengan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi individu, kelompok, keputusan, atau kejadian. Suatu kekuasaan dalam organisasi dapat diklasifikasikan berdasarkan sumbernya. Sumber kekuasaan di antaranya:

1. Kekuasaan Balas Jasa (reward power)

Termasuk dalam kekuasaan posisi. Kekuasaan ini berasal dari sejumlah balas jasa positif, seperti uang, perlindungan, perkembangan karir, dan lain sebagainya yang diberikan kepada pihak penerima untuk melaksanakan perintah atau persyaratan lainnya.

2. Kekuasaan Paksaan (coercive power)

geotimes.co.id

Termasuk dalam kekuasaan positif. Kekuasaan ini berasal dari perkiraan yang dirasakan orang bahwa hukuman, seperti dipecat, ditegur, dan lain sebagainya, akan diterimanya bila mereka tidak melaksanakan perintah pimpinan.

3. Kekuasaan sah (legitimate power)

Termasuk dalam kekuasaan posisi. Kekuasaan ini berkembang dari nilai-nilai intern yang mengemukakan bahwa seseorang pimpinan mempunyai hak yang sah untuk mempengaruhi bawahan.

4. Kekuasaan Pengendalian Informasi (control of information power)

Termasuk dalam kekuasaan posisi. Kekuasaan ini berasal dari pengetahuan dimana orang lain tidak mempunyainya. Cara ini digunakan dengan pemberian atau penambahan informasi yang dibutuhkan.

5. Kekuasaan Panutan (referent power)

geotimes.co.id

Termasuk dalam kekuasaan pribadi. Kekuasaan ini didasarkan atas identifikasi orang-orang dengan seorang pimpinan dan menjadikan pemimpin itu sebagai panutan atau simbol.

Ada batas-batasan tertentu bagi seorang dalam menjalankan wewenang dan kekuasaannya. Batasan-batasan tersebut bisa dari dalam (internal) atau dari luar (eksternal).

Batasan internal meliputi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi, anggaran (budget), kebijaksanaan, peraturan, dan prosedur, serta deskripsi jabatan. Batasan eksternal meliputi undang-undang dan peraturan pemerintah, perjanjian kerja kolektif, dan perjanjian dengan pihak luar organisasi.

Adanya wewenang akan menimbulkan suatu tanggung jawab. Pasalnya ketika bawahan telah mendapatkan wewenang tertentu maka akan timbul kewajiban juga untuk bertanggung jawab. Hal tersebut merupakan faktor di luar individu dan perasaan pribadinya.

Pemegang akuntabilitas berarti bahwa seorang atasan dapat memberlakukan hukuman atau balas jasa kepadanya tergantung bagaimana dia sebagai bawahan telah menjalankan tanggung jawabnya. Sedangkan satu hal yang berkaitan dengan kekuasaan adalah pengaruh.

Pengaruh (influence) adalah suatu transaksi sosial dimana seseorang atau kelompok dibujuk oleh seseorang atau kelompok lain untuk melakukan kegiatan sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi.

Influence tercermin dalam perubahan perilaku atau sikap yang diakibatkan secara langsung dari tindakan atau keteladanan orang atau kelompok lain.

Keyword: Pengertian Kekuasaan

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.