Pengertian Ilmu Ekonomi dan Konsep Penerapannya di Berbagai Bidang

Pengertian ilmu ekonomi yaitu bidang ilmu yang mempelajari perihal pengelolaan sumber daya, yaitu kelompok masyarakat, perorangan, bahkan mengenai suatu negara demi mencapai kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang sangat begitu luas, sehingga harus dipahami satu persatu dan harus dipahani dengan sebaik mungkin.

Konsep Dasar Penerapan Pengertian Ilmu Ekonomi

Dalam penerapannya, ilmu ekonomi memiliki banyak konsep dasar yang harus dipelajari dengan sebaik mungkin. Berikut ini konsep dasar dari ilmu ekonomi, yaitu:

1. Kegiatan Ekonomi

foodnavigator.com

Kegiatan ekonomi yang sangat berkaitan dengan berbagai usaha yaitu produksi. Hal ini dapat digunakan sebagai solusi untuk menambah nilai guna suatu barang aau jasa.

Aktifitas yang dilakukan ini yaitu dengan mengumpulkan sumber daya, modal bahkan hingga keahlian.

Sedangkan aktivitas yang memiliki hubungan erat terhadap penggunaan barang dan jasa yaitu perihal konsumsi. Untuk konsumsi akan ditentukan pada tingkat penghasilan maupun nilai kebudadayaan para masyarakatnya.

Aktivitas yang akan sangat berkaitan dengan penyebaran barang maupun jasa yang akan diproduki yaitu distribusi.

2. Tindakan Ekonomi

monitor.co.id

Tindakan ekonomi merupakan tindakan memilih hal-hal yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan. Ada dua aspek yang menentukan tindakan ekonomi, diantaranya yaitu:

• Tindakan rasional

Tindakan rasional merupakan tindakan yang berkaitan dengan usaha manusia perihal penentuan pilihan terbaik dan pilihan yang menguntungkan sesuai pada kenyataannya.

• Tindakan Irasional

Tindakan irasional yaitu tindakan yang berkaitan pada usaha manusia untuk menentukan pilihan terbaik dan menguntungkan, akan tetapi tidak sesuai pada kenyataan yang ada.

3. Motif Ekonomi

liputan6.com

Motif ekonomi ini menjadi alasan maupun tujuan seseorang dalam hal melakukan tindakan ekonomi. Ada dua aspek yang menentukan motif ekonomi, diantaranya yatu:

• Motif Intrinsik

Motif intrinsik merupakan tujuan atau alasan yang bersumber pada diri sendiri dalam melakukan tindakan ekonomi.

• Motif Ekstrinsik

Motif ekstrinsik merupakan tujuan atau alasan dari orang lain dalam melakukan tindakan ekonomi.

4. Metodologi Ilmu Ekonomi

method.me

Dalam metodologi ilmu ekonomi, terdapat 2 metode, diantaranya yaitu:

• Metode induksi

Metode induksi merupakan metode yang akan dilakukan berdasarkan pada kejadian ekonomi yang telah disusun secara sitematis. Dengan demikian maka kesimpulan yang didapatkan pun juga secara umum.

• Metode Deduksi

Metode deduksi menjadi metode yang dilakukan berdasarkan pada teori ekonomi yang telah dipelajari, dianalisis agar bisa mendapatkan kesimpulan secara khusus.

Melalui ulasan yang ada di atas, tentunya anda sudah bisa menyimpulkan betapa pentingnya peran ekonomi.

Sedangkan dalam memenuhi kebutuhan manusia, ilmu ekonomi memiliki peran yang begitu sangat besar, diantaranya yaitu:

  • Membantu manusia untuk memahami pola perilaku perekonomian pada suatu masyarakat.
  • Memberikan masukan perihal pengambilan keputusan dalam tindakan-tindakan ekonomi.
  • Meningkatkan kepekaan manusia pada masalah global dan ekonomi.
  • Membantu untuk memberikan pengertian seputar potensi maupun keterbatasan pada suatu kebijakan ekonomi.
investopedia.com

Di dalam ruang lingkup ilmu ekonomi, terdapat 2 pembagian, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Pembagian tersebut memiliki tujuan untuk memberikan asumsi dan batasan yang lebih jelas supaya ilmu ekonomi bisa dipelajari lebih mudah.

Sedangkan untuk ekonomi makro merupakan cabang ilmu ekonomi mengenai keseluruhan perilaku ekomini dengan melalui pemakaian faktor produksi secara efisien agar bisa mencapai kemakmuran masyarakat secara maksimum.

Sedangkan untuk ekonomi mikro merupakan cabang ilmu ekonomi mengenai aspek individual pada suatu kegiatan ekonomi. Untuk ekonomi mikro ini menggunakan analisis produsen dan analisis konsumen pada suatu pasar.

Eknonomi mikro pada intinya digunakan dalam menentukan harga dan hal ini menjadi alasan mengenai imu ekonomi mikro lebih dikenal sebagai teori harga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.