1

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian ideologi adalah ide atau gagasan. Kata ideologi diciptakan oleh seorang filsuf Perancis Destutt de Tracy pada tahun 1796 atau pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan sains tentang ide.

Secara etimologi pengertian ideologi adalah dari bahasa Perancis “id`eologie” dari dua kata, id`eo yang berarti gagasan dan logie yang mengacu pada logos pada bahasa Yunani untuk menjelaskan logika dan rasio.

Sehingga keseluruhannya berarti ilmu yang meliputi kajian tentang asal-usul dan hakikat ide atau gagasan.


Pengertian Ideologi Secara Umum


yuksinau.id

Ideologi berasal dari kata Yunani idein yang berarti melihat, atau idea yang berarti raut muka, perawakan, gagasan, buah pikiran, logika yang berarti ajaran atau logos yang berarti ilmu.

Pengertian Ideologi secara umum adalah suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai bidang kehidupan, seperti:

Bidang politik (termasuk bidang hukum, pertahanan dan keamanan), bidang sosial, bidang kebudayaan, dan bidang keagamaan.

Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu, sebagai akal sehat dan beberapa kecenderungan filosofis, atau sebagai serangkaian ide yang dikemukakan oleh kelas masyarakat yang dominan kepada seluruh anggota masyarakat.

Tujuan ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran yang normatif. Pengertian ideologi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) terbagi menjadi 3, berikut penjelasannya :

1. Ideologi adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.

2. Ideologi adalah cara berpikir seseorang atau suatu golongan

3. Ideologi adalah paham, teori, dan tujuan yang merupakan satu program sosial politik


Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli


Berikut adalah pengertian ideologi menurut ahli:

sumberpengertian.co

1. Destutt de Tracy

Pengertian ideologi adalah studi terhadap ide-ide atau pemikiran tertentu.

2. Drs. Moerdiono

Ideologi berarti a system of ideas, akan mensistematisasikan seluruh pemikiran mengenai kehidupan ini dan melengkapinya dengan sarana serta kebijakan dan strategi dengan tujuan menyesuaikan keadaan nyata dengan nilai-nilai yang terkandung dalam filsafat yang menjadi induknya.

3. Gunawan Setiardjo

Pengertian ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan atau aqidah ‘aqliyyah (akidah yang sampai melalui proses berpikir) yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.

4. Descartes

Pengertian ideologi adalah inti sari dari semua pemikiran manusia.

5. Machiavelli

Pengertian ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.

6. Thomas H

Pengertian ideologi adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya.

7. Francis Bacon

Pengertian ideologi adalah sintesis pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.

8. Moh A Safahudin

Ideologi adalah pemikiran menuju keadilan, kesetaraan, dan kesejahteraan bersama melalui proses berpikir manusia untuk menentukan aturan dalam hidup.

9. Karl Mark

nasional.tempo.co

Pengertian ideologi adalah alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat.

10. Napoleon

Menurut Napoleon ideologi adalah keseluruhan pemikiran politik dari rival-rivalnya.

11. Dr. Hafidh Shaleh

Dr. Hafidh Shaleh berpendapat ideologi merupakan sebuah pemikiran yang mempunyai ide berupa konsepsi rasional (aqidah aqliyah), yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh problem kehidupan manusia.

Pemikiran tersebut harus mempunyai metode, yang meliputi metode untuk mengaktualisasikan ide dan solusi tersebut, metode mempertahankannya, serta metode menyebarkannya ke seluruh dunia.

12. Taqiyuddin An-Nabhank Mabda’

Ideologi adalah suatu aqidah aqliyah yang melahirkan peraturan. Aqidah adalah pemikiran yang menyeluruh tentang alam semesta, manusia, dan hidup, serta tentang apa yang ada sebelum dan setelah kehidupan, di samping hubungannya dengan Zat yang ada sebelum dan sesudah alam kehidupan di dunia ini.

Atau Mabda’ adalah suatu ide dasar yang menyeluruh mengenai alam semesta, manusia, dan hidup. Mencakup dua bagian yaitu, fikrah dan thariqah.

13. Alfian

maxmanroe.com

Ideologi merupakan suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam kehidupan.

14. C. C Rodee

Ideologi adalah sekumpulan yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

15. A. S Hornby

Ideologi merupakan seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik atau yang dianut oleh seorang atau sekelompok orang.

16. Frans Magnis Suseno

Menurut Frans ideologi adalah keseluruhan sistem berpikir dan sikap dasar rohaniah sebuah gerakan, kelompok, sosial atau individu.

17. Manfred Steger dan Paul James

Definisi ideologi ada 2 yaitu:

1. Ideologi adalah sekelompok ide dan konsep yang normatif yang memiliki pola, yang merupakan representasi dari kekuatan politik yang ada.

2. Ideologi adalah peta konsep yang membantu masyarakat dalam mengarahkan kompleksnya kehidupan berpolitik dan keyakinan akan kebenaran sosial.

Demikian artikel mengenai pengertian ideologi yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat!

Keyword: Pengertian Ideologi

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.