Mengulas Pengertian Hak Asasi Manusia dari Kacamata Agama dah Ahli

Jika dijabarkan secara umum, pengertian hak asasi manusia adalah suatu kewenangan atau kekuasaan dalam berbuat sesuatu. Namun hak juga haruslah dibatasi atas dasar hukum.

Kita tidak boleh melakukan hal yang dilarang oleh hukum. Selain itu bisa juga bisa bermakna derajat atau martabat manusia. Sedangkan kata hak asasi berarti hak yang dasar atau pokok, seperti hak hidup dan hak mendapatkan perlindungan.

Setiap manusia memilikk hak asasi yang sama dengan yang lainnya. Hak asasi manusia melekat pada manusia, individual, dan otonom.

Hak asasi manusia ada dalam setiap pribadi manusia tanpa perantara hubungan-hubungan sosial. Untuk itu sebaiknya anda saling menghargai hak asasi manusia yang lain dengan yang satunya. Karena setiap manusia berhak atas dirinya sendiri..

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)

fr123rf.com

Dalam bahasa arab hak asasi berasal dari kata “haq” yang artinya asas manusia. Kata hak, diartikan dengan ketetapan, kewajiban, yakin, yang patut, dan yang benar.

Sedangkan asas berarti dasar atau pondasi sesuatu. Dalam terminologi fiqih, hak berarti sesuatu kekhususan yang ditetapkan oleh syara’ dalam bentuk kekuasaan atau tanggung jawab.

Dengan demikian, menurut bahasa asalnya, kata hak tidak hanya bermakna sesuatu yang bisa diambil, tetapi juga mengandung arti sesuatu yang harus diberikan.

arcoiris.com.co

Istilah hak asasi manusia sebenarnya adalah istilah khas yang berkembang di dalam ranah keilmuan Indonesia. Di dalam budaya barat dikenal dengan istilah human right. Dimana setiap manusia memiliki hak untuk memutuskan sesuatu yang diyakininya dengan benar.

Dalam khasanah keilmuan Islam juga ditemukan istilah huquq al-insan, hak-hak manusia bukan hak asasi manusia.

Pemakaian kata “asasi” dalam ranah Indonesia mungkin dimaksudkan untuk menekankan pentingnya fungsi hak-hak tersebut bagi kelangsungan hidup anak manusia.

HAM Menurut Pandangan Agama

unhabitat.org

Dalam ilmu agama juga terdapat hak asasi manusia sehingga para pakar berupaya untuk memberikan definisi mengenai hak asasi manusia.

Dalam pandangan ilmu agama pengertian hak asasi manusia adalah hak-hak pokok yang diberikan Tuhan kepada setiap manusia tanpa melihat perbedaan-perbedaan yang ada di antara sesama manusia.

Perbedaan bisa terjadi dari segi apa saja seperti agama, pendapat dan lain sebagainya. Sehingga akan lebih baik jika saling menghargai hak asasi masing-masing.

Hak asasi tersebut tidak dapat dicabut oleh siapapun atau lembaga apapun, karena hak-hak tersebut merupaka pemberian Tuhan, maka tidak ada yang berhak untuk mencabutnya selain Tuhan.

HAM juga merupakan bagian integral dari kepercayaan Islam. Hak Asasi Manusia (HAM) adalah hak-hak yang secara inheren melekat dalam diri manusia,yang tepatnya manusia tidak dapat hidup sebagai manusia.

HAMdidasarkan pada primsip fundamental bahwa semua manusia memiliki martabat yang inheren tanpa memandang jenis kelamin, ras, warna kulit, bahasa, asal-usul bangsa, umur, kelas, keyakinan politik dan agama.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Ahli

aiapi.it

Tidak jauh berbeda dengan pendapat Rhoda E, Horward dalam mengartikan hak asasi manusia sebagai alat egilater untuk memberikan keanggotaan kepada semua pribadi dalam suatu kesatuan kolektif.

Menurutnya semua orang memiliki hak asasi manusia baik anak-anak, narapidana, orang yang sakit mental, orang yang cacat intelektual, orang asing, dan semua kategori yang selalu diingkari hak asasi manusianya, bagaimanapun mereka jugalah seorang manusia.

Hak asasi manusia dilindungi secara institusional, ia bukan hanya sehimpunan nilai-nilai yang dinyatakan dalam budaya keagamaan atau sekuler. Melainkan juga sehimpunan hak-hak yang oleh hukum, pemerintah, dan semua bentuk lembaga sosial diatur perlindungannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.