14 Macam-Macam Pantun yang Menjadi Ciri Khas Budaya Indonesia

Pantun sangat banyak jenisnya. Macam-macam pantun diantaranya pantun nasihat, pantun jenaka, dan pantun agama.

Pantun ialah puisi melayu usang orisinil Indonesia yang terdiri dari sampiran dan isi dengan rima a-b-a-b atau a-a-a-a. Sebuah karya yang tidak hanya mempunyai rima dan irama yang indah, namun juga mempunyai makna yang penting.

Pantun awalnya merupakan karya sastra Indonesia usang yang diungkapkan secara lisan. Namun seiring berkembangnya zaman kini pantun mulai diungkapkan tertulis.

sastrawacana.id

Pantun merupakan karya tulis yang mampu menghibur dan memiliki banyak arti sesuai dengan isinya. Bisa juga menjadi sebuah ungkapan yang ingin disampaikan dengan cara yang lebih mudah dimengerti dan menghibur.

Karena pasalnya pantun memiliki aturan masing masing. Pantun merupakan khas Indonesia yang bermaksud mendidik dan menyampaikan beberapa hal yang bermanfaat.

Pantun terdiri dari beberapa bagian yaitu empat baris sampiran dan isi. Sampiran merupakan kata kata kiasan yang digunakan sebuah pantun untuk memperindah kalimat. Sedangkan isi adalah makna yang ingin disampaikan dalam sebiah pantun.

Macam-Macam Pantun

brilio.net

1. Pantun Anak-Anak

Merupakan jenis pantun belum dewasa ialah pantun yang merefleksikan dunia anak-anak, baik pikiran maupun perasaan mereka.

2. Pantun Orang Muda

Macam-macam pantun kedua ialah pantung orang muda. Pantun yang berkaitan dengan dunia belum dewasa muda, menyerupai cinta kasih, rindu, ataupun perjuangan.

3. Pantun Orang Tua

Merupakan pantun yang berkaitan dengan nasehat orang tua, agama, dan adat.

4. Pantun Bersuka Cita

brilio.net

Macam pantun yang menceritakan kegembiraan atau kebahagiaan. Misalnya bangga alasannya ialah menerima hadiah, bermain bersama teman, ataupun bangga alasannya ialah hal lainnya.

5. Pantun Duka Cita

Jenis pantun menceritakan kondisi susah atau sengsara. Misalnya susah alasannya ialah hidup miskin, harus bekerja keras, ataupun alasannya ialah menjadi anak yatim piatu.

6. Pantun Jenaka

Merupakan jenis pantun yang berisi mengenai sesuatu yang lucu.

7. Pantun Nasib

kepogaul.com

Macam-macam pantun yang ketujuh ini menceritakan keadaan diri. Pantun nasib biasanya berisikan susah senangnya jika seseorang merantau.

Suku Melayu biasa merantau dan berdagang ke daerah yang jauh dari kampung halamannya. Biasanya dalam isi pantun tersebut akan disiratkan bahwa seseorang rindu dengan kampung halamannya.

8. Pantun Perkenalan

Sesuai dengan namanya, pantun perkenalan ialah pantun remaja (orang muda) yang isinya berisi memperkenalkan diri, atau bertanya.

9. Pantun Beriba Hati

Beriba hati artinya bersedih. Pantun beriba hati berbeda dari pantun berduka cita. Pantun ini biasanya digunakan oleh orang dewasa.

10. Pantun Berceraian

Merupakan pantun yang yang isinya mengenai perpisahan. Suasana dalam pantun berceraian ialah kesedihan dan sedih cita.

Orang yang saling mencintai akan merasa sangat sedih bila berpisah dari orang-orang yang dikasihinya. Terlebih bila perpisahan itu untuk selamanya.

11. Pantun Percintaan

kepogaul.com

Merupakan jenis pantun yang isinya bekerjasama dengan cinta atau asmara.

12. Pantun Nasehat

Macam-macam pantun ke-12 ini ialah pantun yang berisikan nasehat sebagai pedoman hidup.

13. Pantun Adat

Sebelum ada aturan tertulis, aturan yang berlaku di masyarakat ialah aturan adat.

Oleh alasannya ialah itu, budi pekerti sangat dijunjung tinggi dalam kehidupan masyarakat. Pasalnya budi pekerti merupakan sikap yang harus didasari dengan agama.

14. Pantun Kiasan

Pantun kiasan ialah pantun yang berisi mengenai kiasan yang umumnya untuk memberikan sesuatu hal secara tersirat.

Itulah macam-macam pantun yang harus anda ketahui. Karena pasalnya setiap pantun dapat berarti yang berbeda.

Pantun juga bisa jadi ungkapan hati dari seseorang. Namun pantun cenderung lebih menghibur dalam segi penyampaiannya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.