6 Fungsi Bank Indonesia (BI) Sebagai Bank Sentral di Indonesia

Kebanyakan masyarakat mungkin belum terlalu mengerti apa saja fungsi utama bank. Untuk itu disini akan dibahas tentang beberapa fungsi bank yang utama pada umumnya.

Fungsi Bank Secara Umum

1. Sebagai Penjaga Stabilitas Moneter

dictio.id

Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral memiliki peran sebagai penjaga stabilitas moneter di Indonesia.

Lembaga tersebut harus menjaga stabilitas moneter agar jumlah uang yang beredar di masyarakat tetap terjamin sesuai dengan kebutuhan.

Dengan terjaga dan terkendalinya peredaran jumlah uang tersebut, maka ekonomi negara kita akan bertumbuh tanpa berakibat pada tingginya inflasi.

Terkendalinya inflasi tersebut tentunya mampu mempertahankan kondisi perekonomian bangsa ini agar tidak terjadi krisis ekonomi.

2. Mengatur dan Mengawasi Aktivitas Perbankan

merdeka.com

BI memiliki peran sebagai pengatur dan pengawas aktivitas perbankan yang ada di Indonesia.

Mengatur dan mengawasi aktivitas perbankan itu perlu untuk mencegah terjadinya praktik perbankan yang salah dan merugikan masyarakat.

3. Mengatur dan Menyelenggarakan Sistem Perbankan

law-justice.co

Mengatur dan menyelenggarakan sistem pembayaran di masyarakat juga merupakan peran dari BI. Sebagai bank sentral, BI harus mengatur mekanisme sistem pembayaran yang berlaku dan dilakukan oleh lembaga-lembaga keuangan lainnya.

4. Melakukan Penelitian dan Pemantauan

banten.co

Fungsi Bank Indonesia berikutnya yaitu sebagai penjaga stabilitas moneter di Indonesia. BI harus menjaga stabilitas moneter agar jumlah uang yang beredar di masyarakat tetap terjamin sesuai dengan kebutuhan.

Dengan terjaga dan terkendalinya peredaran jumlah uang tersebut, maka ekonomi negara kita akan bertumbuh tanpa berakibat pada tingginya inflasi. Terkendalinya inflasi tersebut tentunya mampu mempertahankan kondisi perekonomian bangsa ini agar tidak terjadi krisis ekonomi.

Adapun, BI sebagai penjaga stabilitas moneter memiliki beberapa macam kebijakan yang dapat diambilnya.

Pertama, menetapkan sasaran moneter. Dua, menetapkan tingkat inflasi. Tiga, menjual Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau pembelian surat berharga dari masyarakat. Empat, menentukan tingkat suku bunga kredit bank umum. Kelima, menaikkan cash ratio bank umum. Dan, keenam, mengatur tingkat kredit dan pembiayaan.

5. Mengatur dan Mengawasi Aktivitas Perbankan

indonesiaraya.co.id

Pemerintah Indonesia tentunya menyelenggarakan negara dengan tujuan untuk menyejahterakan rakyatnya. Untuk itu, Pemerintah Indonesia memerlukan simpanan dana pembangunan di bank. Nah, bank yang digunakan oleh pemerintah untuk menyimpan dana pembangunan ialah BI.

Dengan begitu, BI merupakan pengelola rekening Pemerintah Indonesia. Sederhananya, BI menjadi pemegang kas negara. Dalam menjalankan perannya ini, BI akan selalu berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan.

Koordinasi itu meliputi membuat laporan, menyimpan dana, mengeluarkan dana, hingga melakukan pinjaman luar negeri atas nama Indonesia. Melalui kebijakan dari Kementerian Keuangan dan Presiden Indonesia.

6. Berperan sebagai Lender of The Last Resort (LoLR)

fin.co.id

Ketika ada bank umum yang mengalami kesulitan keuangan, maka bank tersebut bisa meminta bantuan pendanaan kepada BI. Peran BI sebagai peminjam dana tersebut disebut sebagai lender of the last resort (LoLR).

Pinjaman yang dikeluarkan BI tersebut bertujuan untuk menstabilkan sistem keuangan negara. Bila tidak melakukan hal tersebut, bisa saja kebankrutan sebuah bank memengaruhi keberlangsungan perekonomian Indonesia.

wartaekonomi.co.id

Tentu saja yang akan amat dirugikan dengan kondisi tersebut ialah masyarakat Indonesia. Bantuan likuiditas dari BI kepada bank bermasalah itu sifatnya sementara.

Jadi, BI tidak akan selalu memberikan pinjaman kepada bank yang tengah mengalami permasalahan keuangan. Bila sudah mencapai titik stabil, maka pinjaman dari BI akan dihentikan.

Itulah beberapa peran dan fungsi bank khususnya BI sebagai bank sentral milik Pemerintah Indonesia. Tanpa adanya BI, maka Indonesia tidak akan mampu menjalankan roda perekonomiannya dengan stabil.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.