3
34

6 Sungai Terpanjang di Asia yang Perlu Anda Tahu

Sungai merupakan sebuah wilayah perairan yang ada di darat dengan bentuk yang memanjang dan juga mengalirkan air secara terus menerus. Ada banyak sungai terpanjang di Asia yang terkenal hingga ke penjuru dunia.

Sungai-sungai tersebut biasanya bermuara ke sebuah tempat yang disebut dengan hilir, dan juga sumber dari sebuah sungai tersebut disebut dengan nama hulu.

Khusus di benua Asia, terdapat sungai yang sangat panjang dengan ukuran mencapai ribuan kilometer.

Tidak hanya di benua Asia, sungai-sungai ini juga tersebar di berbagai belahan negara. Di Indonesia, sungai terpanjang yang dimilikinya adalah Sungai Kapuas yang berada di Pulau Kalimantan.


Sungai Terpanjang di Asia


Sungai juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai jalur untuk penyebrangan dari daerah yang satu ke daerah yang lain menggunakan kapal.

Berikut ini beberapa ulasan mengenai sungai terpanjang yang dimiliki oleh Benua Asia.

1. Sungai Yangtze

steemit.com

Merupakan sungai yang berada di negara Cina. Aliran dari Sungai Yangtze ini memiliki panjang yang mencapai 6.300 kilometer dan memiliki muara di Laut Cina Selatan. Nama lain dari sungai ini adalah Sungai Yangzi.

Nama Yangtze menjadi nama pertama yang diperkenalkan kepada orang-orang yang berasal dari negara luar.

Hal ini membuat nama Yangtze yang digunakan untuk menyebut nama sungai yang paling panjang di negara Cina tersebut.

2. Sungai Huang Ho

keepo.me

Masih terletak di negara Cina, Sungai Huang Ho menjadi sungai terpanjang kedua di negara tersebut setelah Sungai Yangtze.

Sungai Huang Ho ini memiliki panjang aliran dengan ukuran 5.464 kilometer. Muara sungai dari Huang Ho ini terletak di laut Bohai.

Dengan jumlah ukuran panjangnya tersebut, tidak mengherankan, Huang Ho menjadi salah satu sungai yang terpanjang di Benua Asia.

3. Sungai Mekong

vovworld.vn

Salah satu sungai yang terletak di negara Vietnam. Sungai Mekong ini memiliki panjang yang melewati enam negara yang terdapat di Benua Asia, seperti Myanmar, Laos, Cina, Vietnam, Kamboja dan Thailand.

Diperkirakan Sungai Mekong ini memiliki panjang 4.350 sampai dengan 4.909 kilometer. Sungai Mekong memiliki muara yang berada di Laut Cina Selatan.

Setiap negara yang dilewati oleh Sungai Mekong ini memiliki nama masing-masing terhdapa sungai tersebut.

4. Sungai Lena

moondoggiesmusic.com

Lena merupakan sungai yang memiliki panjang aliran mencapai 4.400 kilometer. Sungai Lena ini berada di negara Rusia namun masuk ke dalam wilayah Asia.

Sungai ini memiliki bermuara di Laut Laptev dan mengalir ke Samudera Arktik dan bersumber di Gunung Bakai.

5. Sungai Irtysh

pinterest.com

Kelima, sungai terpanjang di Benua Asia ini melewati empat negara dalam alirannya, yakni China, Kazakhstan, Mongolia dan Rusia.

Dikenal sebagai salah satu sungai terpanjang di Asia, Sungai Irtysh memiliki panjang sebesar 4.248 kilometer. Aliran sungai ini bermuara di wilayah Teluk OB.

6. Sungai Brahmaputra

worldatlas.com

Sesuai dengan namanya, sungai ini terletak di wilayah negara India. Sungai Brahmaputra menjadi salah satu sungai terpanjang di Benua Asia karena memiliki panjang aliran sebesar 3.848 kilometer.

Aliran sungai ini juga diketahui melewati beberapa negara yakni, Nepal, Bhutan, Bangladesh dan juga India dan bermuara di salah satu sungai terkenal di India, yakni Sungai Gangga.

Hulu dari aliran Sungai Brahmaputra berasal dari Pegunungan Himalaya yang terletak di Tibet.

Itulah ulasan mengenai beberapa jumlah sungai terpanjang di Asia. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu. Salam!

Keyword: Sungai Terpanjang di Asia

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.