3
15

Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan | Pengertian, Reaksi dan Gambar

Ketika Anda lapar, apa yang Anda lakukan? Nah, tanaman tidak bisa makan. Sehingga harus membuat makanan sendiri. Bagaimana cara melakukan ini? Fotosintesis. Dan itu semua dimulai dengan sinar matahari.


Pengertian Fotosintesis


Pengertian fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan seperti karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil.

Sementara arti fotosintesis menurut KBBI adalah pemanfaatan energi cahaya matahari oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat

Definisi fotosintesis secara umum adalah proses tumbuhan dalam membuat makanan sendiri dengan memanfaatkan cahaya matahari.


Faktor yang Mempengaruhi Laju Fotosintesis 


Beberapa faktor utama уаng dapat mеmреngаruhі lаju fоtоѕіntеѕіѕ:

ruangguru.co.id

• Intеnѕіtаѕ cahaya

Lаju fоtоѕіntеѕіѕ maksimum kеtіkа banyak cahaya.

• Kоnѕеntrаѕі karbon dioksida

Dengan semakin bаnуаk karbon dіоkѕіdа dі atas udara, mаkа ѕеmаkіn banyak pula jumlah bahan уаng dipakai tumbuhаn untuk mеlаngѕungkаn fоtоѕіntеѕіѕ.

• Suhu

learniseasy.com

Enzim-enzim уаng bеkеrjа dі dаlаm suatu proses fоtоѕіntеѕіѕ hanya dараt bеkеrjа раdа ѕuhu орtimаlnуа. Pаdа umumnуа lаju fоtоѕіntеѕіѕ mеnіngkаt dеngаn mеnіngkаtnuа ѕuhu hingga bаtаѕ toleransi еnzіm.

• Kаdаr air

Kеkеrіngаn аtаuрun kekurangan аіr dараt mеnуеbаbkаn ѕtоmаtа menutup, dаn mеnghаmbаt lаju penyerapan kаrbоn dioksida ѕеhіnggа mempengaruhi lаju fоtоѕіntеѕіѕ.

• Kаdаr fоtоѕіntаt (hаѕіl fоtоѕіntеѕіѕ)

Bila kadar fоtоѕіntаt seperti kаrbоhіdrаt berkurang, lаju fоtоѕіntеѕіѕ akan nаіk. Jіkа kаdаr fotosintat bеrtаmbаh atau bahkan ѕаmраі jеnuh, laju fotosintesis аkаn bеrkurаng.

• Tаhар pertumbuhan

Pеnеlіtіаn mеmреrlіhаtkаn bahwa laju fоtоѕіntеѕіѕ jаuh lеbіh tinggi раdа tumbuhаn уаng ѕеdаng bеrkесаmbаh dіbаndіngkаn tumbuhаn dewasa. Hal іnі mungkіn dіѕеbаbkаn tumbuhan bеrkесаmbаh memerlukan lebih bаnуаk energi dan mаkаnаn untuk tumbuh.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis. Tumbuhan melakukan fotosintesis untuk mendapatkan makanan.

Semua makhluk hidup membutuhkan sumber energi berkelanjutan untuk melakukan pekerjaan hidup. Anda sering melihat energi digunakan dalam kegiatan besar-besaran. Seperti bunga apel membengkak dan kemudian meledak, atau kunang-kunang yang terus memancarkan cahaya.

Namun, energi bekerja terus-menerus untuk mempertahankan kehidupan pada skala yang sangat kecil juga. Di dalam setiap sel dari setiap organisme, energi merakit rantai informasi dan membangun arsitektur selular.

Partikel kecil bermuatan dan molekul protein raksasa. Selain itu, sel terus membangun dan memberikan kekuatan juga kesadaran, memberikan respon, dan melakukan reproduksi. Kerja semua kehidupan membutuhkan energi.

 


Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan


Sebelum proses fotosintesis dilakukan, hanya tumbuhan hijau saja yang bisa melakukannya karena memiliki klorofil. Selain itu fotosintesis hanya bisa dilakukan siang hari saat ada cahaya matahari.

Tumbuhan juga membutuhkan air dan karbondioksida untuk melakukan reaksi kimia fotosintesis.

Tumbuhan bisa mendapatkan karbondioksida (CO2) di udara yang masuk ke daun tumbuhan lewat stomata atau mulut daun.

Sementara air (H2O) bisa didapatkan lewat akar tumbuhan yang kemudian disalurkan ke daun melalui batang tumbuhan.

Saat sinar matahari jatuh ke permukaan daun, klorofil menangkap energi dari cahaya matahari tersebut.

Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna atau transparan, kemudian diteruskan menuju mesofil. Di mesofil inilah sebagian besar proses fotosintesis terjadi.

Energi tersebut kemudian digunakan untuk mengubah air menjadi gula/glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2). Setelah itu dari proses fotosintesis akan menghasilkan makanan bagi tumbuhan.

Sementara oksigen yang dihasilkan dikeluarkan oleh tumbuhan lewat stomata. Oksigen ini kemudian berada di udara bebas untuk dihirup oleh makhluk hidup lain yaitu manusia dan hewan.


Reaksi Fotosintesis


Secara umum tumbuhan menggunakan karbondioksida dan air untuk menghasilkan glukosa/gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya dalam proses fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari. Berikut ini adalah persamaan reaksi fotosintesis.

6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 + 6O2

Keterangan :

H2O = air
CO2 = karbondioksida
C6H12O6 = gula/glukosa
O2 = oksigen


Energi dalam Ilmu Fisika


pengertianku.net

Fisika memberitahu kita bahwa sistem yang terorganisir, seperti organisme hidup akan cenderung mendapat gangguan semakin tidak teratur jika tanpa masukan energi yang konstan.

Sebagai contoh, kamar anda yang asalnya rapi kalau dibiarkan selama satu minggu akan menjadi berantakan. Sehingga anda membutuhkan tambahan energi untuk mengembalikan ke posisi semula yang rapi.

Dan tubuh anda, setelah lama berjalan kaki atau melakukan olahraga besar, harus memiliki lebih banyak bahan bakar untuk terus berjalan.

Makhluk hidup menunjukkan kompleksitas menakjubkan dan keindahan yang rumit, tetapi jika sumber energi mereka gagal, mereka menderita cedera, penyakit, dan akhirnya kematian.

Perubahan Energi

libgar.com

Fisika juga memberitahu kita bahwa, meskipun energi dapat ditangkap atau diubah, itu pasti akan mengalami degradasi, menjadi panas yaitu bentuk energi yang kurang berguna.

Inilah sebabnya mengapa organisme memerlukan masukan energi yang terus menerus. Pekerjaan yang mereka harus lakukan akan menggunakan energi yang mereka ambil ke dalam.

Energi, tidak seperti bahan, tidak dapat didaur ulang. Kisah hidup adalah kisah aliran energi menangkap, transformasi, penggunaan untuk pekerjaan, dan hilangan sebagai panas.

Fotosintesis membutuhkan energi. Kemampuan untuk melakukan usaha, dapat mengambil banyak bentuk: panas, nuklir, listrik, magnet, cahaya, dan energi kimia.

Semua organisme memerlukan masukan konstan energi untuk melakukan pekerjaan hidup; kehidupan berjalan menggunakan energi kimia.

Energi tidak dapat didaur ulang; energi harus terus-menerus ditangkap oleh organisme dalam suatu ekosistem, diubah dan diteruskan ke organisme lain. Sebagian energi akan hilang ke lingkungan sebagai panas.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.