1
18

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam yang mana termasuk flora dan faunanya. Bahkan beberapa jenis fauna dan floranya belum memiliki nama.

Untuk macam-macam fauna sangat banyak sekali jumlahnya. Beberapa jenis serangga di hutan-hutan yang masih perawan bahkan belum terdeteksi jenis spesiesnya.

Pun, floranya, yang mana tanah yang subur menyebabkan berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik di wilayah Indonesia.

Flora Indonesia terdiri dari sekitar 4.000 jenis pohon, 1.500 jenis paku pakuan, dan 5.000 jenis anggrek.

Fakta ini telah memicu beberapa hal. Salah satunya adalah  memunculkan pertanyaan yang sangat menarik.

Pertanyaan menarik yang dimaksud adalah bagaimanakah proses persebaran flora dan fauna di Indonesia? Untuk itu, penting kiranya dipaparkan bebrapa hal berikut untuk menjawab pertanyaan tesebut.


Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia


Beberapa literature yang telah ditelusuri untuk persebaran flora dan fauna di wilayah Indonesia dikelompokkan menjadi tiga, yaitu

1. Flora dan Fauna Asiatis

Kelompok yang pertama yaitu flora dan fauna Asiatis. Jenis ini disebut juga keompok dataran sunda. Penyebaran Asiatis terdapat sebelah barat yang mana daerahnya meliputi: Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali.

Adapun kelompok flora ini meliputi berbagai jenis tanaman yang tumbuh di Pulau Sumatra, Jawa, Kalimatan, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Jenis flora Indonesia bagian barat memiliki persamaan dengan tumbuhan yang terdapat di Asia.

  • Sumatera: pinus, kamper, meranti, kayu besi, kayu manis, beringin, dan raflesia
  • Jawa: ramin, kamper, meranti, besi, jelutung, bakau, pinus, dan rotan
  • Kalimantan: ramin, kamper, meranti, besi, jelutung, bakau, pinus, dan rotan

Sedangkan Fauna Asiatis antara lain adalah: Gajah, Harimau, Badak Bercula Dua, Badak Bercula Satu, Orang Utan, Kancil, Beruang Madu, Beo, Bekantan/Kera.

2. Flora dan Fauna Australis

Untuk kelompok yang kedua yaitu kelompok flora dan fauna australis. Untuk kelompok ini disebut juga dengan Flora dan fauna Indonesia tengah.

Untuk daerahnya meliputi tumbuhan yang terdapat: di Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku.

Di Nusa Tenggara terdapat padang rumput alami yang baik untuk daerah peternakan. Hal ini dikarenakan penyebabnya adalah curah hujan yang rendah.

  • Sulawesi: eboni, kayu besi, pinus, kayu hitam, rotan, dan beberapa jenis bunga anggrek
  • Nusa Tenggara: jati, sandelwood, akasia, cendana, dan beberapa jenis bunga anggrek
  • Maluku: sagu, meranti, gotasa, kayu besi, lenggua, jati, kayu putih, dan anggrek

Sedangkan fauna australis disebut juga fauna dataran sahul. Fauna ini terdapat di Irian Jaya dan pulau-pulau disekitarnya.

Binatang-binatangnya mempunyai kesamaan dengan binatang-binatang di benua Australia.

Fauna Australis contohnya antara kanguru, kasuari, kuskus, burung cendrawasih dan berbagai jenis burung lainnya, reptil, dan amphibi.

3. Flora dan Fauna Peralihan (Flora dan Flora Timur)

Kelompok yang terakhir yaitu flora dan fauna peralihan. Adapun daerah flora dan fauna peralihan dibatasi oleh garis Wallace yang mana sebagai daerah pembatas antara fauna di dataran Sunda dan garis weber yang membatasi dengan fauna di dataran Sahul. Flora dan fauna peralihan juga sering disebut dengan flora Indonesia timur.

Ragam flora Indonesia bagian timur adalah tumbuhan yang hidup di pulau Papua dan pulau-pulau sekitarnya.

Jenis tanaman yang sering dijumpai di Papua adalah jenis conifera seperti agatis alba dan obi. Di daerah dataran rendahnya terdapat pohon sagu, nipah, dan bakau

Sedangkan untuk kelompok fauna peralihan daerahnya tersebar di Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Fauna Peralihan contoh faunanya antara lain babi rusa, anoa, kuskus, biawak, tapir (kerbau liar), burung Kasuar, komodo.

Keyword: Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.