Pengertian Sumber Daya Alam, Jenis-Jenis, serta Pemanfaatannya

Pengertian sumber daya alam adalah semua bahan yang telah atau dapat ditemukan oleh manusia dalam alam dan bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidupnya.

Bagi manusia, sumber daya alam pada dasarnya merupakan hal terpenting, baik yang berbentuk benda hidup (hayati) maupun benda mati (non-hayati).

Kedua jenis sumber daya alam yang telah disebutkan, dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sebetulnya, manusia juga merupakan salah satu sumber daya bagi suatu negara, karena manusia dapat berkontribusi dalam hal manfaat yang luar biasa bagi sebuah negara dengan cara menjadi seorang tenaga kerja, dengan memajukan ilmu pengetahuan, hingga teknologi sehingga bisa meningkatkan perekonomian negara.


Sumber Daya Alam (SDA) berdasarkan Jenisnya


pengajar.co.id

Pengertian sumber daya alam juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang terdapat dalam lingkungan alam dan juga manusia dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sumber daya alam terdiri dari beberapa jenis yang harus ketahui.

1. Sumber Daya Alam yang tidak Dapat Diperbaharui

Berdasarkan sifat dan jenis-jenisnya sumber daya alam tersebut dibagi menjadi 2.

Yang pertama yaitu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam jenis ini memiliki jumlah yang terbatas.

Hal ini disebabkan oleh proses pembentukannya yang membutuhkan waktu yang cukup lama, hingga akan habis jika digunakan terus menerus. Seperti bahan-bahan galian atau barang hasil tambang.

2. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam ini merupakan sumber daya alam yang tidak akan ada habisnya jika dipakai.

Seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, sinar matahari, udara, air, dan juga mikroorganisme lainnya.


Sumber Daya Alam berdasarkan Sumbernya


bisnisukm.com

Selain itu, jenis sumber daya alam berdasarkan sumbernya terbagi menjadi dua yaitu:

1. Sumber Daya Alam Hayati

Disebut juga dengan sumber daya alam biotik. Merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yang ada di muka bumi, seperti tumbuhan-tumbuhan dan hewan.

Juga sumber daya alam ini dapat berasal dari hewan atau binatang seperti daging, telur, ikan dan lain sebagainya.

2. Sumber Daya Alam Non-hayati

Sedangkan sumber daya alam non hayati atau abiotik merupakan sumber daya alam yang berasal dari benda-benda mati, seperti tanah, udara, air, sinar matahari, dan juga hasil tambang.


SDA berdasarkan Pembentukannya


maxmanroe.com

Yang pertama sumber daya alam materi yaitu, sumber daya alam berupa benda mati dan dapat diperoleh secara langsung dari alam melalui beberapa proses seperti penambangan untuk kelangsungan hidup manusia.

Yang kedua sumber daya alam energi yang merupakan sumber daya alam yang menghasilkan energi dan dimanfaatkan untuk memenuhi kehidupan manusia. Contohnya seperti minyak bumi.

Yang ketiga adalah sumber daya alam ruang yang berupa tempat, ruang, atau wilayah dan dimanfaatkan oleh manusia untuk keberlangsungan hidup. Sumber daya alam ini dipengaruhi oleh letak astronomis, reliefnya, maupun topografi, seperti gunung dan lembah.

Yang terakhir adalah sumber daya waktu sumber daya alam yang keberadaannya tergantung oleh musim atau waktu. Seperti air pada musim kemarau yang keberdaannya sulit sekali ditemukan.

Pemanfaatan suatu sumber daya dapat dinilai sesuai dengan kegunaan sumber daya untuk manusia tersebut.

Oleh karena itu, semakin jelas manfaat suatu sumber daya alam, maka sumber daya tersebut akan menjadi semakin bernilai.

Contoh nyatanya adalah lahan pertanian yang kian subur dapat dijadikan daerah pertanian yang berpotensi.

Suatu negara yang memiliki sumber daya yang berlimpah dapat dipastikan menjadi negara yang sangat maju apabila sumber dayanya juga digunakan secara maksimal.

Pada umumnya manusia dapat memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan berbagai bentuk aktivitas.

Keyword: Pengertian Sumber Daya Alam

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.