2
8

Pengertian Indikator dan Jenis-Jenis Indikator pada Masing-Masing Bidang

Pengertian indikator adalah sebuah ukuran dari suatu kondisi tidak langsung yang sudah atau telah terjadi. Misalnya saja kondisi massa atau bobot bayi yang telah disesuaikan dengan usianya. Umumnya usia dan bobot bayi adalah indikator dari tingkat gizi bayi.

Secara umum indikator adalah setiap ciri, karakteristik atau ukuran yang bisa menunjukkan perubahan yang terjadi pada sebuah bidang tertentu.

Indikator dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau kemungkinan dilakukan pengukuran terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

Pengertian indikator bagi pemerintah Indonesia adalah kesejahteraan rakyat bagi negara Indonesia sendiri. Indikator dibedakan menjadi beberapa jenis, tergantung dari objek yang akan diukur.


Pengertian Indikator Menurut Para Ahli


rskramat128.com

1. Menurut Wilson dan Sapanuchart (1993)

Pengertian indikator adalah ukuran dari sebuah status atau kondisi secara tidak langsung yang telah terjadi.

2. Pengertian indikator menurut WHO

Indikator adalah variabel yang dapat membantu manusia untuk melakukan pengukuran terhadap berbagai macam perubahan baik yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung.

3. Menurut Darwin Syah

Pengertian indikator dijelaskan cenderung fokus pada indikator dalam kegiatan pembelajaran. Darwin Syah menuturkan pengertian indikator adalah ciri ataupun tanda yang menunjukkan bahwa peserta didik telah berhasil memenuhi standar kompetensi pendidikan yang berlaku atau yang telah ditetapkan.

4. Menurut departemen Amerika Serikat

kemendagri.org

Pengertian indikator adalah sebuah statistik yang dapat membantu manusia untuk membuat penilaian yang komprehensif, imbang dan ringkas untuk berbagai macam kondisi. Penilaian tersebut juga harus bersifat normatif dan meliputi aspek penting dalam kehidupan masyarakat.

5. Menurut Green (1992)

Green menyatakan indikator adalah kumpulan variabel yang dapat mengindikasikan atau menunjukkan kepada penggunanya suatu kondisi tertentu. Indikasi terhadap kondisi tertentu tersebutlah yang kemudian digunakan untuk mengukur semua perubahan yang terjadi.

6. Pengertian indikator memurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Indikator/in•di•ka•tor/ n adalah sesuatu yang dapat memberikan (menjadi) petunjuk atau keterangan: seseorang yang akan melakukan suatu pekerjaan sebaiknya menggunakan — yang sudah ada; kenaikan harga dapat menjadi — adanya inflasi.

Indikator memiliki manfaat yang sangat besar untuk manusia melakukan sebuah kegiatan sekaligus mengetahui sejauh mana aktivitas atau kegiatan yang sudah dilakukan tersebut berubah atau berkembang.


Jenis- Jenis Indikator


jambi.tribunnews.com

1. Indikator pendidikan

Pengertian indikator pendidikan adalah penjabaran secara keseluruhan dari kompetensi dasar. Penjabaran ini menunjukkan respon yang diberikan peserta didik terkait dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan oleh pendidik.

Umumnya indikator bisa dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan peserta didik dalam menyerap pelajaran.

2. Indikator kerja

Dalam dunia kerja pengertian indikator adalah pengukuran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan apresiasi atau insentif kepada karyawan yang bersangkutan.

3. Indikator penelitian

Indikator dalam penelitian lebih sering digunakan dalam dunia sains. Salah satu indikator yang banyak diaplikasikan untuk penelitian adalah indikator asam basa.

Indikator tidak selalu menjelaskan keadaan secara keseluruhan, namun lebih sering hanya sebagai pemberi petunjuk atau indikasi tentang keadaan keseluruhan tersebut sebagai suatu pendugaan.

Indikator adalah berupa pelaku dimana kata dasarnya adalah indikasi yang berarti petunjuk. Ketika terdapat suatu indikasi maka akan diperoleh indikator untuk melakukan tindakan pencegahan atau preventif.

Mudahnya, dalam semua hal yang berada di sekitar kita akan kita jumpai berbagai jenis indikator untuk mencapai tujuan. Sebaiknya indikator benar-benar diperhatikan.

Semoga artikel tentang pengertian indikator ini bermanfaat bagi Anda. Kenali setiap indikator yang ada sebelum melakukan tindakan lebih lanjut ya. Salam!

Keyword: Pengertian Indikator

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.