1
4

Lapisan-Lapisan Atmosfer dan Kegunaannya (Penjelasan Singkat)

Teruntuk kamu yang saat ini ingin mengetahui lebih lanjut tentang lapisan atmosfer, maka kedatanganmu untuk membaca artikel ini sangat tepat karena disini kami akan menjelaskan tentang teori mengenai atmosfer untuk kamu semua.

Atmosfer adalah lapisan yang letaknya jauh di atas bumi dimana lapisan inilah yang akan melindungi bumi dari ancaman-ancaman benda langit yang bisa saja jatuh. Namun, apa sih pengertian atmosfer yang sebenarnya?

Lapisan atmosfer sendiri merupakan lapisan gas dimana lapisan ini mencakup planet yang juga bumi baik dari yang permukaan planet sampai di luar angkasa.

merdeka.com

Untuk di bumi sendiri, atmosfer ada pada ketinggian 0 kilometer dari atas perumakaan tanah hingga 560 kilometes di atas permukaan bumi.

Atmosfer sendiri tersusun dari beberapa lapisan dengan penamaan sesuai dengan fenomena yang ada di lapisan itu sendiri. Transisi yang terjadi diantara lapisan satu dengan yang lain berlangsug dengan cara bertahap.

Penelitian atau studi mengenai atmosfer ini dilakukan dengan memecahkan masalah pada cuaca awalnya, kemudian fenomena pembiasan pada sinar matahari baik saat terbit atau tenggelam dan kelap-kelip bintang di langit.

Dengan menggunakan peralatan yang dipasang pada wahana yang ada di luar angkasa, tentunya kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang atmosfer tersebut.


Penjelasan tentang Teori Atmosfer


medium.com

Atmosfer terdiri dari 5 lapisan yang dimulai dari lapisan troposfer sebagai lapisan terendah. Pada lapisan troposfer, lapisan ini melindungi bumi dari radiasi yang tentunya sangat berbahaya untuk kehidupan di bumi.

Lapisan ini merupakan lapisan yang paling tipis jika dibandingkan dengan lapisan pada atmosfer yang lain. Lapisan troposfer terletak kurang lebih 15 km dari permukaan bumi.

Lapisan kedua adalah lapisan stratisfer dimana pada lapisan ini ketebalannya adalah 15 hingga 55 km dari atas permukaan tanah.

Lapisan ini letaknya di atas lapisan troposer dan di lapisan ini juga terdapat yang namanya lapisan ozon yang fungsinya adalah untuk menyerap sinar ultraviolet dan juga melindungi bumi dari sinar radiasi yang sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk di bumi.

Lapisan ketiga adalah lapisan mesosfer dimana pada lapisan ini terdapat suhu yang sangat dingin. Lapisan ini seringkali menjadi tempat pergesekan antara meteor dan lapisan mesosfer dan ini membuat meteor yang tengah beraktivitas tidak jatuh ke bumi.

Lapisan keempat adalah lapisan termosfer dan ionosfer dimana pada lapisan ini ada atom yang terionisasi. Terakhir lapisan kelima adalah lapisan eksosfer yang menjadi lapisan terluar dari bumi.

4muda.com

Untuk manfaat adanya lapisan dari atmosfer sendiri banyak sekali yang selama ini telah kita rasakan di bumi.

Berkat lapisan tersebut makhluk yang ada di muka bumi terlindungi dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat membahayakan. Pada atmosfer sinar UV dari matahari akan diserap hingga tidak langsung sampai ke bumi.

Lapisan dari atmosfer juga berperan dalam mengurangi suhu yang ekstrim diantara siang dan juga malam. Pada lapisan atmosfer, oksigen dan karbon dioksida akan disediakan dan menjadi pengubah cuaca dan iklim yang ada di bumi.

Jadi itulah tadi pengertian dari atmosfer yang disertai dengan susunan lapisan-lapisan yang ada di atmosfer serta manfaat dari masing-masing lapisan tersebut yang perlu kamu ketahui.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang atmosfer, tidak ada salahnya untuk membaca artikel lain yang menjelaskan tentang atmosfer secara lengkap, sehingga pengetahuan kamu tentang atmosfer bisa benar-benar baik nantinya.

Semoga bermanfaat ya guys!

Keyword: Lapisan-Lapisan Atmosfer

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.