Jenis Hewan | Ulasan Contoh Hewan Karnivora, Herbivora, dan Omnivora

Ada banyak jenis hewan yang dapat kita jumpai di muka bumi ini. Mereka dikelompokkan berdasarkan banyak indikator. Ada yang di kelompokan berdasarkan jam aktifnya, jenis kerangkanya, bertulang atau tidak, terbang atau tidak, habitatnya, hingga jenis makanan yang dimakan.

Kali ini yang akan dibahas adalah jenis hewan berdasarkan apa yang dimakannya. Berdasarkan apa yang dimakan hewan dibagi menjadi tiga kelompok besar, yakni hewan karnivora, herbivora, dan omnivora.

Tentu kalian yang sudah tamat SD sudah paham bukan mengenai ketiga jenis ini. Maka dari itu pada kesempatan kali ini hal yang akan dibahas adalah mengenai contoh dan jenis hewan karnivora, herbivora, dan omnivora yang paling unik dan jarang diketahui orang tentunya.

Tapi ingat, jenis-jenis hewan ini bukanlah hewan peliharaan lho! Jadi jangan coba-coba memeliharanya. Karena rata-rata hewan yang akan disebutkan ini adalah hewan langka.

Sebelum membahas lebih lanjut anda dapat berkunjung ke website lain untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas mulai dari penjelasan, ciri ciri, hingga hewan hewan yang jarang diketahui orang.

Contoh Hewan Karnivora

nwf.org

Jenis hewan yang pertama dibahas adalah hewan karnivora. Karnivora merupakan hewan pemangsa hewan lain. Yups, nama lain dari hewan karnivora adalah hewan pemakan daging.

Walau disebut hewan pemakan daging, pada faktanya tidak semua hewan karnivora itu benar benar memakan daging. Ada pula sebagian dari mereka yang memakan hewan-hewan invertebrata, cacing, ulat, dan serangga-serangga lain.

Hewan karnivora biasanya memiliki keunggulan dalam segi fisik. Mereka biasanya dilengkapi dengan rahang yang kuat, taring yang besar, kuku-kuku tajam, serta otot otot yang didesain untuk membunuh dan bertarung.

Tak hanya itu, hewan karnivora biasanya memiliki penglihatan yang tajam, reflek yang bagus, dan mampu bergerak dengan sangat cepat dalam melancarkan serangannya. Berikut beberapa contoh hewan jenis karnivora:

Tarantula

Narwhal

Blue Footed Bobby

Contoh Jenis Hewan Herbivora

pulsk.com

Selanjutnya yang akan dibahas adalah hewan jenis herbivora. Hewan herbivora sendiri merupakan hewan pemakan tumbuhan. Ada hewan yang mampu mencerna tumbuhan-tumbuhan keras seperti batang daun, ada yang biasa hanya memakan rerumputan liar yang agak keras, ada pula yang hanya memakan ganggang hijau dan sebagainya.

Hewan-hewan herbivor lebih khususnya mamalia biasanya memiliki bentuk kuku kaki yang tumpul. Selain itu memiliki gigi besar yang kuat digunakan untuk mengunyah berbagai macam daun dan rerumputan, serta memiliki pencernaan yang kuat mencerna makanan berserat tinggi. Berikut adalah contoh hewan herbivora:

Iguana

Iguana Air

Parrot Fish

Contoh Hewan Omnivora

instingbinatang.com

Omnivora merupakan organisme hidup yang mendapatkan asupan nutrisi tidak hanya dari satu sumber. Omnivora biasa mendapatkan dari berbagai mahluk hidup. Mulai dari tumbuhan, hewan-hewan seperti mamalia, unggas, maupun dari hewan hewan kecil seperti serangga.

Mereka dilengkapi organ-organ pencernaan yang mampu beradaptasi dengan berbagai jenis makanan. Hewan omnivora juga biasanya memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, mampu menyesuaikan kondisi habitat mereka.

Untuk memperjelas lagi seperti apa hewan omivora berikut merupakan contoh hewan omivora yang unik.

Kura kura

Kolibri

Gorila

Landak

Tikus

Hamster

Beruang Hitam

Babi Hutan

Itulah beberapa jenis hewan yang dibedakan dari jenis makanannya. Setiap makluk hidup memiliki caranya masing-masing untuk dapat bertahan hidup di sebuah ekosistem. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam!

One Response

  1. Terrance

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.