3 Jenis Batuan yang Menyusun Lapisan Bumi serta Proses Terbentuknya

34
jenis batuan
rumahajar.com

Bumi terbentuk dari pelapukan batuan dan unsur penyempurna lainnya. Pada diri bumi terdapat 3 jenis batuan, batuan tersebut terbentuk melewati proses yang amat panjang. Zat yang membentuk batu adalah mineral.

Pengertian batu menurut KBBI adalah benda keras dan padat yang berasal dari bumi atau planet lain. Biasanya di Indonesia batu digunakan untuk bahan kerajinan ataupun bahan bangunan.

Beberapa Jenis Batuan yang Terdapat di Alam

Di dalam lapisan bumi ada 3 jenis batuan yaitu sebagai berikut :

1. Batuan Beku

informazone.com

Batuan beku atau yang disebut sebagai batuan igneus merupakan jenis batuan yang proses pembentukannya terbentuk dari magma yang telah mengalami pembekuan atau pendinginan. Batuan ini biasanya ada di dalam mantel atau kerak bumi.

Sampai sekarang sudah terdapat 700 jenis batuan beku yang dapat diindentifikasi dan sebagian besar terdapat di bawah kerak bumi.

Morfologi batuan beku dibagi menjadi 3 macam, yaitu terbentuk melalui intrusive , ekstrusive, dan hipabissal. Struktur batuan beku atau penampakan batuan yang bisa dilihat dari struktur lapisannya adalah;

a. Pillow lava atau lava bantal

Pillow lava atau lava bantal terbentuk karena adanya pembekuan magma pada gunung di bawah laut yang membentuk menyerupai bantal.

b. Joint struktur

Joint struktur merupakan aliran lava yang berbentuk kekar-kekar dan tegak lurus sesuai dengan arah alirannya sehingga menghasilkan penampakan yang sangat memukau.

c. Massif

Massif merupakan jejak aliran lava yang keluar dari perut bumi namun tidak menunjukkan adanya tanda-tanda lubang atau aliran gas di dalamnya.

d. Vesikuler

Vesikuler merupakan aliran lava yang mengalir dan dibersamai dengan adanya aliran gas sehingga arah dan teksturnya tidak teratur.

e. Xenolitis

Xenolitis merupakan aliran lava yang dibersamai dengan masuknya batuan lain di dalamnya sehingga menunjukkan sebuah fragmen yang membentuk pecahan-pecahan.

Beberapa jenis batuan beku di Indonesia adalah; batu apung, batu obsidian, batu granit, batu basalt, batu diorit, batu andesit, batu gabro, dan batu liparit.

2. Batuan Sedimen/ Endapan

jagad.id

Pengertian batuan sedimen atau endapan adalah batuan yang terbentuk karena pengendapan atau hasil pelapukan dan pengikisan batuan yang dihanyutkan oleh air atau terbawa oleh tiupan angin.

Kemudian endapan ini menjadi keras karena tekanan atau ada zat-zat yang merekat pada bagian-bagian endapan tersebut sehingga menjadi batu. Di dalam permukaan bumi batuan sedimen jumlahnya ada sekitar 75% dan di dalam kerak bumi ada sekitar 8%.

Berdasarkan proses pembentukannya batuan sedimen dibedakan menjadi 4 macam, yaitu: batuan sedimen klasik, batuan sedimen biokimia, batuan sedimen kimia, dan batuan sedimen vulkanis.

Beberapa jenis batuan sedimen/endapan di Indonesia adalah sebagai berikut; batu konglomerat, batu pasir, batu serpih, batu gamping/kapur,batu breksi, batu stalaktit dan stalagmit, dan batu lempung.

3. Batuan Metamorf/ Malihan

sobatmateri.com

Batuan metamorf atau malihan adalah jenis batuan yang berasal dari batuan sedimen dan batuan beku yang mengalami perubahan karena panas dan tekanan.

Berdasarkan proses pembentukannya batuan metamorf dibedakan menjadi 6 jenis, yaitu : batuan metamorf kontak, batuan metamorf regional, batuan metamorf katalastik, batuan metamorf hidrotermal, batuan metamorf tindihan, dan batuan metamorf dampak.

Beberapa jenis batuan metamorf atau malihan di Indonesia di antaranya adalah sebagai berikut; batu pualam/marmer, batu sabak, batu gneis/ganes, batu sekis, batu kuarsit, dan batu milonit.

Nah, itulah tiga jenis jenis batuan yang menyusun bumi kita. Batuan beku terletak paling dalam, kemudian batuan sedimen yang mana merupakan endapan dari batuan yang ada sebelumnya.

Serta batuan metamorf yang mana batu ini merupakan bentuk lain dari batu yang telah bertransformasi menjadi bentuk dan struktur yang berbeda-beda di dalamnya.

Batuan yang ada pada bumi tentunya sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi dan menjadi bidang ilmu yang sangat menarik untuk dipelajari. Di atas telah kita kumpulkan referensi jenis batuan yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat ya! Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here