Dwisara A Wife, Learner and Dreamer .

Pengelompokkan Bagian-Bagian Penyusun Bunga Beserta Penjelasannya

Pengelompokkan Bagian-Bagian Penyusun Bunga Beserta Penjelasannya

Bunga tersusun dari berbagai macam bagian, dimana pada masing-masing bagian tersebut memiliki fungsinya tersendiri dan berbeda-beda. Jadi, topik mengenai bagian-bagian bunga memerlukan pembahasan yang luas dan panjang sehingga kita dapat mengerti setiap bagian dan maing-masing fungsinya.

Bagian bunga secara umum terbagi berdasarkan kelengkapan dari bagian tersebut dan ada juga yang berdasarkan pada kelengkapan alat kelamin. Dari semua pengelompokkan yang ada tentu akan ada pembahasan yang berbeda.

Nah, teruntuk teman-teman sekalian yang ingin mengetahui apa saja bagian-bagian bunga, kamu bisa simak artikel ini. Semoga saja dengan membaca dan menyimak artikel ini dengan baik, informasi yang terkandung pada artikel ini bisa tersampaikan dengan baik pula kepada pembaca sekalian.

Pengelompokkan Bagian-Bagian Bunga

hellosehat.com

Bagian-bagian bunga jika dikelompokkan secara umum ada tangkai induk bunga, tangkai bunga, dasar bunga, daun pelindung, daun tangkai, mahkota bunga, benang sari dan juga putik.

Tangkai induk bunga menjadi akses perbungaan yang merupakan lanjutan dari cabang ataupun batang. Ada tangkai bunga yaitu bagian yang berada tepat dibawah bunga. Tangkai bunga sendiri adalah pendukung cabang bunga yang terakhir dan fungsinya adalah menghubungkan bunga, ranting, dan tangkai. Selain itu tangkai induk bunga juga berfungsi untuk menopang bunga.

Ada yang namanya dasar bunga dimana dasar bunga sendiri merupakan bagian dari ujung bunga yang melekat dan tumpuannya adalah pada mahkota bunga. Fungsi dasar bunga yaotu sebagai tempat untuk bertumpu atau juga letak dari mahkota bunga.

Ada daun pelindung yang biasanya terletak di tangkai bunga. Daun pelindung sendiri adalah daun yang terakhir. Terdapat juga daun tangkai dimana daun satu ini letaknya di pangkal tangkai bunga dan berfungsi sebagai pelindung.

seputarilmu.com

Kelopak bunga merupakan bagian dari bunga yang tujuannya adalah untuk melindungi dan juga menyelimuti mahkota saat bunga tersebut masih kuncup.

Kelopak bunga fungsinya adalah melindungi mahkota bunga saat kuncup dan terbuka saat mahkota mekar. Benang sari merupakan alat kelamin jantan yang menjadi alat berkembangbiaknya bunga dan terakhir putik yang merupakan alat kelamin betina dan menjadi salah satu bagian dari alat perkembangbiakkan bunga.

Bagian bagian bunga juga bisa dibagi berdasarkan kelengkapan dari bagian bunga itu sendiri. Ada yang namanya bunga lengkap yang memiliki kelopak, benang sari, putik dan juga mahkota.

Bunga lengkap sendiri biasanya memiliki dua alat kelamin atau alat kelamin ganda. Namun, bunga yang punya alat kelamin ganda belum tentu merupakan bunga lengkap.

Ada bunga tidak lengkap dimana pada bunga ini salah satu bagian bunga tidak lengkap. Bunga tidak lengkap sendiri terbagi menjadi dua yaitu perhiasan bunga yang tidak lengkap dan alat kelamin yang tidak lengkap.

Bagian bagian bunga jika didasarkan pada alat kelaminnya

slideshare.net

Jika ditinjau dari lengkap atau tidaknya alat kelamin, bunga bisa dibedakan menjadi bunga sempurna dan juga bunga tidak sempurna.

Pada bunga sempurna terdapat dua alat kelamin yakni benang sari dan juga putik. Pada bunga ini perhiasan bunganya berupa mahkota bunga dan kelopak yang tentu tidak harus selalu ada pada bunga yang sempurna.

Ada bunga yang tidak sempurna dimana pada bunga ini hanya ada satu jenis alat kelamin misalnya putik saja atau benang sari saja.

Nah, itulah tadi artikel tentang bagian-bagian bunga yang bisa kami uraikan. Semoga kehadiran tulisan ini dapat memberikan manfaat dan memperluas wawasan pembaca sekalian.

Dwisara
Dwisara A Wife, Learner and Dreamer .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.