1

Unsur Ekstrinsik Novel Beserta Penjelasan Lengkapnya

Di dalam sebuah novel ada yang namanya unsur-unsur untuk menyusunnya. Unsur-unsur ini ada yang unsur intrinsik dan ada yang disebut dengan ekstrinsik. Nah, untuk pembahasan kali ini kami ingin menjelaskan lebih dalam mengenai unsur ekstrinsik novel.

Tahukah kamu terdiri dari apa saja unsur ekstrinsik? Mungkin diantara kamu ada yang sudah mengetahuinya dan mungkin juga ada yang belum mengetahuinya sama sekali.

Nah, untuk kamu yang belum mengetahui salah satu unsur dari novel dan ingin mengetahuinya, disini kami akan mencoba menguraikan tentang pengertian dari unsur ekstrinsik novel dan apa saja unsur yang ada di dalam unsur tersebut.


Pengertian Unsur Ekstrinsik Novel


cosmopolitan.co.id

Unsur ekstrinsik novel merupakan unsur dari luar yang dapat berpengaruh pada novel, misalnya latar belakang pengarang, ada juga lokasi tempat novel dibuat, ada juga kondisi sosial budaya dan lain-lain.

Jika ada yang namanya unsur intrinsik otomatis akan ada juga yang namanya unsur ekstrinsik. Karena keduanya akan saling berkaitan satu dengan yang lain walau pengertian dari kedua unsur tersebut tentu berbeda.

Apabila unsur intrinsik sendiri acuannya pada isi dari novel tetapi unsur ekstrinsik akan mengacu pada hal-hal yang ada di luar novel itu sendiri namun tetap ada kaitannya dengan isi novelnya. Jadi, kedua unsur ini bisa dibilang berkaitan satu dengan yang lainnya.


Penjelasan Unsur Ekstrinsik Novel


geekinsider.com

Di dalam unsur ekstrinsik ada beberapa macam unsur pula. Yang pertama latar belakang dimana pada latar belakang dari pengarang tentu ada yang namanya asal daerah, agama, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan juga ideologi dari si pengarang.

Tentu unsur-unsur dari latar belakang ini sedikit banyak akan berpengaruh terhadap isi dari novel yang dibuat. Misalnya saja novel yang dibuat atau dikarang orang Sunda tentu akan beda hasilnya dengan novel yang dibuat oleh orang Padang dan lain-lain.

Tidak hanya latar belakang, ada juga yang namanya kondisi sosial budaya yang tentu dapat berpengaruh terhadap hasil dari novel yang akan dibuat.

Misalnya saja novel yang dibuat oleh orang yang hidup di tengah masyarakat yang tradisional tentu akan berbeda dengan novel yang dibuat atau dikarang oleh orang yang hidup di tengah kehidupan masyarakat yang metropolis.

hipwee.com

Novel yang dibuat di zaman kolonial juga akan berbeda hasilnya dengan novel yang dikarang oleh orang yang sudah hidup pada zaman reformasi.

Dan terakhir, ada yang namanya tempat dan kondisi alam dimana pada hal ini tentu akan sangat mempengaruhi hasil karangan yang dibuat.

Orang yang terbiasa hidup di daerah pertanian tentu akan berbeda dengan novel yang dikarang oleh orang yang hidupnya di daerah gurun.

Jadi itulah tadi pengertian dan unsur ekstrinsik novel yang harus kamu ketahui. Bisa disimpulkan jika unsur ekstrinsik adalah unsur yang berasal dari luar novel dimana pada unsur ini meski sifatnya diluar, tentu akan berpengaruh tentang hasil novel yang dibuat.

Semoga dengan hadirnya artikel yang mengulas tentang unsur ekstrinsik, kamu bisa lebih mengerti dan memahami seperti apa unsur ekstrinsik dan penjelasannya sehingga artikel ini dapat menjadi referensi serta menambah wawasan dari pembaca sekalian.

Jika kamu ingin memahami lebih jauh tentang unsur yang ada di dalam novel seperti unsur intrinsik, kamu bisa coba perbanyak bahan bacaan kamu dengan membaca artikel yang lain.

Keyword: Unsur Ekstrinsik Novel

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.