Pengertian Konsep Beserta Unsur dan Karakteristiknya (Lengkap)

76
Pengertian Konsep Beserta Unsur dan Karakteristiknya (Lengkap)
hestanto.web.id

Teruntuk kamu yang saat ini tengah ingin mencari pengertian konsep, konsep merupakan sebuah representasi dari abstrak dan digunakan untuk menjelaskan suatu gagasan, benda atau juga peristiwa.

Arti konsep menurut Wikipedia merupakan abstrak, dimana konsep sendiri menunjuk kepada kategori atau juga kelas dari sebuah entitas, hubungan atau kejadian. Sementara secara etimologis, konsep sendiri berasal dari bahasa latin yaitu conceptum yang berarti sesuatu yang dapat dipahami.

Jadi , pengertian konsep disini adalah serangkaian ide, gagasan, pernyataan yang saling berkaitan dengan kejadian atau peristiwa dan menjadi petunjuk ataupun dasar di dalam melakukan penelitian. Nah, apabila kamu ingin lebih mengetahui banyak hal tentang pengertian konsep, yuk simak artikel berikut ini!

Pengertian Konsep

alihamdan.id

Pengertian konsep juga akan kami jelaskan disini menurut para ahli agar kamu bisa lebih mengerti dan memahami seperti apa konsep itu sendiri.

Menurut Soedjadi, konsep merupakan sebuah ide abstrak yang digunakan untuk mengklasifikasikan atau juga melakukan penggolongan yang umumnya sering dinyatakan sebagai istilah ataupun rangkaian kata.

Ahli kedua yaitu Bahri menyebut jika konsep merupakan satuan arti yang dapat mewajili beberapa objek yang punya ciri yang sama. Menurut Bahri, konsep dilambangkan dengan bentuk suatu kata.

bursanom.com

Ahli ketiga yaitu Singarimbun dan Effendi yang mengatakan jika konsep sendiri adalah suatu generalisasi kelompok fenomena tertentu jadi bisa digunakan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang sama. Konsep sendiri adalah suatu kesatuan atau tentang sesuatu hal ataupun persoalan yang tengah ingin dirumuskan.

Ahli keempat yaitu Aristoteles yang menyebutkan jika konsep merupakan penyusun utama saat hendak melakuakn pembentukan pengetahuan ilmiah ataupun juga filsafat dari pemikiran manusia. Pengertian konsep ini dijelaskan di dalam bukunya yang berjudul “ The Classical Theory of Concepts”.

Ahli kelima menjelaskan jika konsep sendiri bisa dibagi ke dalam 3 hal yaitu konsep didefinisikan sebagai ide atau gagasan yang bermakna, konsep merupakan penjelasan tentang sebuah objek dan konsep merupakan produk yang subjektif dimana konsep sendiri sumbernya adalah dari cara seseorang dalam mengartikan objek atau benda lewat pengalaman yang dimiliki.

Fungsi Sebuah Konsep

maxmanroe.com

Selain pengertian konsep, pentingnya juga untuk kita mengetahui fungsi konsep itu sendiri. Konsep memiliki beberapa fungsi untuk dapat memberikan gambaran ataupun penjelasan berkaitan dengan sesuatu hal.

Pertama yaitu fungsi kognitif dimana pada fungsi ini konsep digunakan sebagai kemampuan manusia dalam berpikir secara optimal di dalam hidupnya. Jadi, saat hendak membuat konsep dengan fungsi kognitif, tentu seseorang tersebut akan lebih baik.

Ada juga fungsi evaluatif dimana saat hendak membuat konsep tentu ada yang namanya proses evaluasi atau proses yang dilakukan untuk menentukan nilai dari suatu hal.

Fungsi ketiga adalah fungsi operasional dimana pada fungsi ini proses pelaksanaan membutuhkan dasar yang kuat. Dengan konsep ini tentu proses operasional akan jadi lebih efektif dan lebih efisien.

dosensosiologi.com

Fungsi keempat adalah fungsi komunikasi dimana pada fungsi ini ada yang namanya proses komunikasi yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai gagasan, ide terhadap peristiwa ataupun benda.

Di dalam membuat sebuah pengertian konsep, tentu ada unsur-unsur yang harus kamu ketahui. Unsur-unsur konsep tersebut dimulai dari nama, contoh, karakteristik pokok, rentang karakteristik.

Sementara untuk karakteristik konsep, konsep punya karakteristik yang bisa kamu lihat. Konsep punya sifat abstrak dimana konsep sendiri adalah gambaran mentah tentang suatu benda, kegiatan ataupun peristiwa.

Secara umum, konsep juga merupakan kumpulan dari berbagai benda. Konsep juga sifatnya personal dan konsep juga bisa diketahui lewat proses belajar atau juga pengalaman seseorang. Semoga bermanfaat!

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here