30 Pengertian Bahasa Secara Umum dan Menurut Beberapa Ahli

Bahasa merupakan alat yang di gunakan untuk berkomunikasi dan harus di miliki pada setiap orang untuk melakukan hubungan sosial dari satu dengan yang lainnya.

Dengan menggunakan bahasa, semua yang ingin di sampaikan dapat di terima dengan baik dan dapat di mengerti oleh si lawan bicara.

Bahkan seperti yang anda tahu seperti Indonesia, bahasa merupakan alat untuk mempersatu bangsa. Karena pada dasarnya Bahasa merupakan alat yang bisa anda gunakan dalam memudahkan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya yang memang pada masing-masing mempunyai budaya yang berbeda.


Pengertian Bahasa


Dalam keseharian dalam menjalani hidup kita sebagai makhluk social sangat memerlukan yang namanya Komunikasi, pasalnya Komunikasi adalah dasar untuk bersosialisasi. Berikut beberapa pengertian bahasa.

Di bandingkan dengan dahulu bahasa tidak seperti saat ini yang sudah di realisasikan kedalam berbagai kata. Dimana sebelumnya bahasa hanya di sampaikan dengan menggunakan anggota tubuh.

Jadi, dalam menyampaikan atau mengutarakan mereka menggerakan Anggota tubuh baik dalam menunjuk serta mengarahkan sesuatu yang hendak akan di sampaikan.

Tetapi hal tersebut tidak dipergunakan lagi, dimana semakin maju setiap orang berfikir rasional dimana mereka berfikir bukan hanya menggunakan Anggota tubuhnya saja sebagai alat untuk melakukan komunikasi.

Hal ini juga berdasarkan dari setiap orang yang berkeinginan lebih baik di antara mereka yang saling berkounikasi tanpa adanya kesalah pahaman. Sehingga seperti sekarang ini dan dapat anda lihat dimana bahasa sudah di ucapkan dengan berbagai kata.

Sehingga dari satu orang yang mengucapkan sebuah kata, maka orang sebagai lawan bicara ketika mendengarnya sudah bisa mengerti dan tidak akan terjadi kesalah pahaman.

Pengertian Bahasa Secara Umum

Melihat dari uraian di atas maka dapat di simpulkan bahwa Pengertian bahasa adalah suatu Alat komunikasi yang menjadikan kedua belah pihak saling mengerti dimana arah dan tujuan dari pembicaraan yang sedang berlangsung tersebut.

Seperti halnya di tanah air yakni Negara Indonesia dimana memiliki beraneka ragam suku bangsa dan budaya. Pada pembagian daerah berdasarkan Teritorialnya, bahasa pada setiap masing-masing daerah mempunyai berbagau bahasa yang berbeda-beda.

Kemungkinan mereka bisa menyampaikan keinginan yang mereka maksudkan dengan orang-orang sesame suku atau sesame satu desa dengan menggunakan bahasa yang sama.

Tetapi untuk orang di luar Daerah dan berbeda desa tentu tidak akan paham apa yang telah di bicarakan Karena seperti yang di katakana di atas bahwa mereka memang tidak mengerti sama sekali atau mengetahui bahasa yang di ucapkan orang lain tersebut. Sehingga mereka membutuhkan bahasa pemersatu yakni bahasa Indonesia.

Dengan adanya bahasa Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu bangsa, maka pada setiap orang yang melakukan Komunikasi baik dari suku serta daerah yang berbeda bisa saling mngerti dan sesuai dengan apa yang ingin di sampaikan.

Sedangkan untuk hasil dari pembicaraan tersebut antara kedua belah pihak pastinya maksimal kerena di antra dari mereka mengerti dan paham dengan lawan bicara.

Kita pun dapat menyipulkan dari pembahasan di atas dan telah di sampaikan juga bahwasanya Bahasa dapat di artikan secara umum ialah suatu alat komunikasi, bahas merupakan alat yang sangat penting dalam menjalakan aktivitas sehari-hari dalam kehidupan.

Hakekatnya dalam hidup, manusia memang di ciptakan sebagai makhluk social yang tidak bisa hidup sendiri.

Sehingga disini lah sangat pentingnya peran Bahasa. Untuk menjaga hubungan baik maka diperlukan adanya komunikasi yang baik dengan yang lain.

Pengertian Bahasa Menurut Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian bahasa yang dijelaskan oleh beberap ahli. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasannya dengan seksama.

  • Bill Adams

Bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif

  • Wittgenstein

Bahasa merupakan bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis

  • Ferdinand De Saussure

Bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain

  • Plato

Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut

  • Bloch & Trager

Bahasa adalah sebuah sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.

  • Depdiknas

Pengertian bahasa pada hakikatnya adalah ucapan pikiran dan perasan manusia secara teratur, yang mempergunakan bunyi sebagai alatnya.

  • Harun Rasyid, Mansyur & Suratno (2009: 126)

Bahasa merupakan struktur dan makna yang bebas dari penggunanya, sebagai tanda yang menyimpulkan suatu tujuan.

  • Sudaryono

Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.

  • Saussure

Definisi bahasa adalah objek dari semiologi.

  • Mackey (1986:12)

Bahasa adalah suatu bentuk dan bukan suatu keadaan (lenguage may be form and not matter) atau sesuatu sistem lambang bunyi yang arbitrer, atau juga suatu sistem dari sekian banyak sistem-sistem, suatu sistem dari suatu tatanan atau suatu tatanan dalam sistem-sistem.

  • Wibowo (2001:3)

Bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.

  • Walija (1996:4)

Definisi bahasa ialah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain.

  • D.P. Tambulan (1994:3)

Pengertian bahasa adalah untuk memahami pikiran dan perasaan, serta menyatakan pikiran dan perasaan.

  • H.G. Brown (1987:4)

Bahasa adalah suatu sistem komunikasi menggunakan bunyi yang diucapkan melalui organ-organ ujaran dan didengar di antara anggota-anggota masyarakat, serta menggunakan pemrosesan simbol-simbol vokal dengan makna konvensional secara arbitrer.

  • Harimurti Kridalaksana (1985:12)

Menyatakan bahwa bahasa adalah sistem bunyi bermakna yang dipergunakan untuk komunikasi oleh kelompok manusia.

  • Finoechiaro (1964:8)

Arti bahasa adalah sistem simbol vokal yang arbitrer yang memungkinkan semua orang dalam suatu kebudayaan tertentu, atau orang lain yang mempelajari sistem kebudayaan itu, berkomunikasi atau berinteraksi.

  • Fodor

Bahasa merupakan sistem tanda serta simbol yang saling berhubungan dengan memiliki sifat yang konvensional dimana mempunyai sifat ataupun ciri-ciri tertentu yang dipunyai pada situasi atau benda yang dimaksud tersebut.

  • Bolinger

Bahasa merupakan sistem fonem yang terbentuk karena perbedaan bunyi, sintaksis, serta sistem morfem untuk dapat mengungkapkan makna yang ada hubungannya dengan dunia luar, dunia luar yang dimaksud adalah kenyataan.

  • Carol (1961:10)

Bahasa merupakan sistem bunyi atau urutan bunyi vokal yang terstruktur yang digunakan atau dapat digunakan dalam komunikasi internasional oleh kelompok manusia dan secara lengkap digunakan untuk mengungkapkan sesuatu, peristiwa, dan proses yang terdapat di sekitar manusia.

  • I.G.N. Oka dan Suparno (1994:3)

Pengertian bahasa adalah sistem lambang bunyi oral yang arbitrer yang digunakan oleh sekelompok manusia (masyarakat) sebagai alat komunikasi.

  • Kamus Linguistik (2001:21)

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk kerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasikan diri.

  • Soejono (1983:01)

Arti bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang amat penting dalam hidup bersama.

  • Mc. Carthy

Bahasa adalah praktik yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir

  • William A. Haviland

Bahasa adalah suatu sistem bunyi yang jika digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu.

  • Gorys Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1)

Ada dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.

  • Owen dalam Stiawan (2006:1)

Definisi bahasa yaitu language can be defined as a socially shared combinations of those symbols and rule governed combinations of those symbols (bahasa dapat didefenisikan sebagai kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional untuk menyampaikan konsep melalui kegunaan simbol-simbol yang dikehendaki dan kombinasi simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan).

  • Tarigan (1989:4)

Ada dua definisi bahasa. Pertama, bahasa adalah suatu sistem yang sistematis, barang kali juga untuk sistem generatif. Kedua, bahasa adalah seperangkat lambang-lambang mana suka atau simbol-simbol arbitrer.

  • Santoso (1990:1)

Bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar.

  • Syamsuddin (1986:2)

Ia memberi dua pengertian bahasa. Pertama, bahasa adalah alat yang dipakai untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan, alat yang dipakai untuk mempengaruhi dan dipengaruhi. Kedua, bahasa adalah tanda yang jelas dari kepribadian yang baik maupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluarga dan bangsa, tanda yang jelas dari budi kemanusiaan.

  • Pengabean (1981:5)

Bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan dan melaporkan apa yang terjadi pada sistem saraf.

Demikian adalah penjelasan mengenai pengertian bahasa menurut beberapa ahli. Semoga bermanfaat untuk Anda. Semangat dan salam.

Keyword: Pengertian Bahasa

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.