8 Jenis-Jenis Paragraf Beserta Pengertian dan Penjelasannya

Paragraf merupakan sebuah rangkaian kalimat yang di dalamnya terdapat sebuah gagasan utama.

Teman-teman sekalian pasti sudah tidak asing lagi dengan rangkaian paragraf dimana rangkaian inilah yang akan membentuk isi dari tulisan tersebut.

Paragraf sendiri bisa diklasifikasikan dengan beberapa jenis jika ditinjau dari letak gagasan utama dan juga tujuan paragraf itu sendiri.

Nah, apabila teman-teman semua ingin tau jenis paragraf, yuk simak penjelasannya berikut ini.


Berbagai Jenis Paragraf


Berdasarkan letak gagasan utamanya

Jika dilihat dari letak gagasan utamanya, jenis paragraf bisa dibagikan ke dalam tiga kelompok atau jenis yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran.

1. Paragraf Deduktif

Untuk paragraf deduktif sendiri, jenis paragraf ini punya pikiran utama ataupun gagasan yang letaknya di awal kalimat.

goingtotehran.com

Jadi, paragraf ini biasanya pada paragraf utamanya terdapat gagasan utama sementara di bagian kalimat-kalimat setelahnya adalah penjelasan tentang gagasan utama yang sudah dipaparkan di bagian awal kalimat.

diedukasi.com

2. Paragraf induktif

Jenis paragraf kedua adalah paragraf induktif. Paragraf induktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif. Jika pada paragraf deduktif letak gagasan utama di awal paragraf, paragraf induktif teletak di akhir kalimat.

Gagasan utama yang ada di akhir ini sifatnya adalah untuk menyimpulkan maksud atau inti kalimat penjelas yang ada pada kalimat-kalimat sebelumnya.

slideplayer.info

3. Paragraf Campuran

Sedangkan yang ketiga adalah paragraf campuran. Paragraf satu ini merupakan gabungan antara gagasan utama yang ada di awal kalimat dan juga di akhir kalimat.

Gagasan di awal kalimat biasanya adalah inti dari paragraf sedangkan di akhir paragraf ditekankan kembali tentang gagasan utama dengan kalimat yang berbeda dari kalimat utama yang ada di awal paragraf sebelumnya.

Paragraf biasanya berisi sebuah tujuan tertentu. Ada yang bersifat memaparkan, mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu, debat dan lain sebagainya.

Berdasarkan tujuan isi paragraf

Jika dilihat dari tujuan isi paragraf , paragraf dapat digolongkan ke dalam lima jenis yakni paragraf narasi, paragraf eksposisi, paragraf argumentasi, paragraf persuasi dan juga paragraf deskripsi.

1. Paragraf narasi

Paragraf narasi berisi tentang cerita yang diungkapkan secara kronologis sehingga sifatnya adalah naratif. Kalimat di dalam paragraf ini biasanya disusun dengan runtut jadi dapat memberikan kemudahan kepada pembaca agar bisa membayangkan kejadian yang saat itu tengah diceritakan.

sarungpreneur.com

2. Paragraf eksposisi

Paragraf eksposisi merupakan jenis jenis paragraf dimana isinya adalah penjelasan tentang paparan fakta yang ada. Tentunya, fakta yang dimuat ke dalam bentuk tulisan harus bersifat ilmiah karena tujuan dari paragraf ini adalah memberi informasi yang jelas dan detail kepada pembacanya.

nyengyeng.com

3. Paragraf argumentasi

Paragraf argumentasi adalah jenis paragraf yang di dalamnya bertujuan untuk memberi pandangan kepada pembaca. Di dalam paragraf ini tidak hanya tersaji fakta tapi juga pendapat dari penulis itu sendiri.

galinesia.com

4. Paragraf persuasi

Paragraf persuasi menampilkan perdebatan atau pendapat dari sang penulis. Paragraf ini hampir sama dengan paragraf argumentasi hanya saja perbedaannya terletak pada bentuk kalimat yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, biasanya menggunakan kata-kata ajakan dan juga imbauan seperti ‘mari’ atau ‘ayo’.

buatlagi.com

5. Paragraf deskripsi

Terakhir adalah paragraf deskripsi dimana pada paragraf ini tujuannya agar pembaca dapat merasakan dan juga membayangkan apa yang digambarkan penulis sehingga tampak nyata.

Jadi itulah tadi jenis paragraf jika dilihat dari letak gagasan utama dan juga tujuannya. Jadi, teman-teman harus bisa memahami serta membandingkan maksud dari masing-masing kalimat yang ada.

Terkadang, banyak orang yang salah dalam menentukan apakah paragraf tersebut termasuk paragraf induktif atau campuran karena memang jika tidak mengerti perbedaan dari masing-masing paragraf, tentu akan sulit membedakannya. Semoga bermanfaat!

Keyword: Jenis-Jenis Paragraf

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.